Inilah Penyebab Haid Tidak Teratur

By Categories : Umum

Setiap wanita yang sudah memasuki waktu remaja dan pubertas tentu saja akan mengalami mentruasi atau haid. Pada umumnya siklus menstruasi akan terjadi sekitar 28 hari. akan tetapi ada juga seorang wanita yang mengalami sikuls haid setiap 21 hari hingga 30 hari. Lalu bagaimana dengan seorang wanita yang mengalami haid namun tidak teratur? Haid tidak teratur atau terlambat datang bulan merupakan salah satu hal yang kerap dialami oleh wanita. Selain kehamilan, berikut adalah penyebabnya.

Haid Tidak Teratur

Penyebab haid tidak teratur

Kehamilan

Kehamilan merupakan alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika periode haid terlewati, melakukan tes kehamilan adalah menjadi sebuah keharusan. Selain itu, siklus haid yang tidak teratur juga merupakan tanda umum yang sering dialami oleh seseorang pasca kehamilan. Pemberian ASI  juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur dan terhambat.

Stres

Penyebab yang kedua adalah stres. Ketika stres tubuh akan mengalami perubahan hormon. Sehingga hal inilah yang menyebabkan haid tidak lancar dan tidak teratur. Karena ketika tubuh stres, tentu saja ini akan mempengaruhi hypothalamus. Hypothalamus sendiri merupakan salah satu bagian dari otak yang sangat mempengaruhi berbagai macam hormon yang mengatur periode haid. Baca juga cara menghilangkan stres.

Periode perimenopause

Penyebab haid tidak teratur  selanjutnya adalah periode perimenopause (dekat dengan menopause). Meskipun biasanya dapat diterima oleh tubuh, akan tetapi pendarahan yang berat memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Karena pendarahan yang tidak normal harus segera diatasi, bisa saja hal tersebut merupakan salah satu tanda dari kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan.

Gangguan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh Anda. kelenjar tersebut juga berfungsi untuk berinteraksi dengan sistem tubuh lainnya agar berfungsi sebagaimana mestinya. Akan tetapi ketika kelenjar tiroid tidak seimbang, baik hipotiroid ataupun hipertirod, maka hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kelancaran siklus haid. Selain itu kenaikan berat badan yang signifikan juga dapat menyebabkan gangguan tiroid.

Penyakit ataupun jamur

Berikutnya adalah karena penyakit ataupun jamur. Jadwal haid yang tidak teratur juga dapat dikarenakan adanya penyakit tertentu ataupun karena jamur. Misalnya saja jika seorang yang rutin berolahraga akan tetapi ia hidup dengan stres. Sehingga hal ini pun dapat menyebabkan masalah ini. Penyakit yang dapat menyebabkan hal ini adalah adanya tumor ataupun penyakit lainnya.

Kontrasepsi

Selain penyebab di atas, penggunakan kontrasepsi juga dapat menganggu siklus mentruasi. Beberapa jenis pil kontrasepsi dengan dosis rendah dapat menyebabkan masalah yang satu ini. Namun Anda jangan khawatir, hal ini tidak membahayakan dan tidak menyebabkan gangguan masalah kesehatan lainnya.

Nah itulah beberapa penyebab haid tidak teratur. Baca juga artikel lainnya makanan yang perlu dihindari saat menstruasi.

Loading...