Inilah Penyebab dan Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Anemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari normal. Hemoglobin itu sendiri adalah sebuah molekul eritrosit atau sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen ke semua organ tubuh. Umumnya anemia dapat diderita oleh semua orang. Namun yang sering mengalami anemia  yaitu ibu hamil. Jika tidak segera diatasi, anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko yang berbahaya, seperti shock,  kelahiran prematur pada janin, persalinan yang lama, kegugura, bahkan menyebabkan kematian ibu saat persalinan. Oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui bagaimana cara mencegah anemia itu sendiri. Sebelum membahas mengenai cara pencegahannya, berikut adalah penyebab anemia pada ibu hamil yang perlu diketahui.

Inilah Penyebab dan Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil

Faktor yang menyebabkan  anemia dan cara mengatasi anemia pada ibu hamil

Beberapa faktor yang menyebabkan anemia

  1. Umur ibu

Seorang ibu hamil yang memiliki umur kutang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun memiliki resiko sebesar 74,1% mengalami anemia. Anemia ini sendiri dapat mengancam keselamatan ibu dan janin yang dikandungnya.

  1. Infeksi dari penyakit

Yang kedua adalah karena infeksi dari penyakit. seperti yang Anda ketahui ibu hamil sangat rentan terhadap suatu penyakit dan infeksi. Saat tubuh ibu mulai terinfeksi, ibu hamil akan kekurangan zat besi dan cairan. Hal inilah yang dapat menyebabkan anemia.

Selain kedua hal tersebut anemia pada wanita hamil juga daat disebabkan karena jarak kehamilan yang terlalu dekat, paritas tinggi dan juga kurang energi kronis. Lalu bagaimana cara pencegahannya? Berikut ulasannya

Cara mencegah anemia pada wanita hamil

  1. Mengonsumsi makanan kaya zat besi

Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa makanan kaya zat besi yang dapat Anda konsumsi adalah bayam, daging merah, sereal dan sayuran berdaun hijau, zat besi yang terkandung dalam makanan tersebut berperan untuk memproduksi hemogloblin.

  1. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C

Yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan vitamin C. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit, vitamin C yang Anda konsumsi dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi tersebut. Sumber vitamin C terbaik yang dapat dikonsumsi antara lain buah kiwi, jeruk, jambu, stroberi, tomat, paprika dan lainnya.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Pemeriksaan pada ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk dilakukan secara teratur, hal ini berguna untuk melihat apakah kondisi ibu hamil tersebut mengalami gangguan kesehatan atau tidak, apabila menunjukkan gejala anemia, lakukanlah pemeriksaan segera untuk mendapatkan penanangan lebih lanjut.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan pencegahan anemia pada ibu hamil. meskipun tidak terlalu serius dan berat anemia pada wanita hamil tidak boleh dianggap sepele. Pastikan Anda mengonsumsi makanan penambah darah untuk mencegah penyakit yang satu ini.

Loading...