Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

By Categories : Kesehatan

Umumnya seorang anak yang berusia 1,5 tahun sudah bisa mengucapkan beberapa kata  sederhana seperti papa, mama, iya, tidak, ini dan juga itu. Namun apa jadinya jika seorang anak terlambat dalam berbicara? Seorang anak dimasukkan dalam kategori terlambat bicara jika umur anak sudah mencapai 2 hingga 3 tahun belum bisa mengucapkan potongan kata.

Hal ini tentu saja membuat para orang tua khawatir, sebenarnya anak yang mengalami keterlambatan bicara memiliki sosial-emosional dalam perkembangannya. Lantas  apa saja yang menyebabkan hal ini dan bagaimana cara mengatasi anak terlambat bicara? Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Daftar penyebab dan cara mengatasi anak yang terlambat bicara

Perkembangan otak terhambat

Yang pertama adalah disebabkan karena adanya hambatan pada perkembangan otak. Adanya gangguan pada daerah oral-motor di otak dapat menyebabkan ketidakefisienan  hubungan di daerah otak. Sehinga hal ini dapat menyebabkan anak kesulitan menggunakan bibir, lidah dan juga rahang untuk menghasilkan bunyi.

Minimnya komunikasi

Yang kedua adalah minimnya komunikasi. Interaksi dan komunikasi adalah hal yang bermanfaat untuk memperbanyak kosa katanya. Oleh karena itu, para orang tua pastikan Anda selalu mengajaknya berkomunikasi.

Selain itu beberapa penyebab anak terlambat bicara lainnya adalah karena faktor televisi, faktor keturunan dan adanya hambatan pendengaran. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Memberikan stimulasi

Memberikan stimulasi merupakan salah satu hal paling penting untuk mengatasi anak yang terlambat bicara. Beberapa cara untuk menstimulasi kemampuan bicara anak adalah dengan cara mengajaknya bernyanyi, membacakan dongeng dan lainnya.

Memberikan anak kesempatan untuk berinteraksi

Seperti yang Anda ketahui minimnya komunikasi dan interaksi merupakan salah satu penyebab anak terlambat berbicara. Sehingga pastikan Anda memberikannya kesempatan untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya ataupun dengan saudaranya. Hal ini dapat membuat si kecil lebih termotivasi untuk belajar berbicara.

Memuji segala perkembangan anak

Cara mengatasi anak terlambat bicara selanjutnya adalah dengan cara memuji segala perkembangan yang ditunjukkan oleh si kecil. Ketika anak mengeluarkan suara ataupun kosakata baru tidak ada salahnya untuk memberinya pujian, pelukan dan juga senyuman. Dengan adanya hal ini bayi pun akan senang. Hal ini dikarenakan ketika belajar berbicara ia pun selalu memperhatikan reaksi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Konsultasikan ke dokter

Berikutnya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter mengenai tumbuh dan kembang anak. Bicarakan pada dokter tentang tumbuh kembang anak dan kemampuan apa saja yang sudah dikuasainya. Selain dokter Anda pun juga mengunjungi ke ahli patologi bahasa. Karena ia pun dapat memberikan tips dan merekomendasikan beberapa permainan anak yang tepat untuk perkembangan anak dan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara.

Baca juga pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak-anak.

loading...