Inilah Penyebab Bayi Sering Muntah  dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tua tentu saja mengharapkan tumbuh kembang bayi yang baik dan selalu sehat. Orang tua mana yang tidak khawatir melihat si kecil sering muntah khususnya setelah minum susu ataupun makan. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat membuat bayi lemas karena dehidrasi. Umumnya ada beberapa penyebab bayi sering muntah. Sebelum membahas mengenai penyebab bayi sering muntah setelah minum susu ataupun makan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa muntah pada bayi dan gumoh adalah suatu keadaan yang berbeda. Muntah merupakan suatu kondisi di mana keluarnya cairan dari mulut yang banyak dan terkadang menymbur dan membuat bayi menangis dan rewel.

Inilah Penyebab Bayi Sering Muntah

Sedangkan gumoh pada bayi sering terjadi setelah minum susu dan cairan yang keluar dari mulut bayi juga hanya sedikit dan tidak terlalu membahayakan. Lalu apa saja penyebab bayi muntah setelah makan ataupun minum? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Ketahuilah penyebab bayi sering muntah dan cara mengatasinya

Penyebab bayi muntah

  1. Penyakit GERD

Jika bayi dalam keadaan sehat, namun setelah makan ataupun minum susu bayi muntah kemungkinan besar si kecil mengalami GERD atau gastroesophageal reflux. Hal ini terjadi ketika otot antara esofagus bayi dan lambung tidak bekerja dengan benar. Sehingga hal ini dapat menyebabkan makanan dan asam lambung naik dari lambung ke tenggorokan.

  1. Keracunan

Penyebab yang kedua adalah karena keracunan. Keracunan adalah salah satu penyebab  yang sulit dideteksi. Keracunan dapat terjadi ketika bayi menelan sesuatu yang beracun, seperti tanaman, bahan kimia ataupun obat-obatan. Tak hanya itu saja, makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi juga dapat menyebabkan hal ini.

  1. Menangis berlebihan

Penyebab bayi sering muntah selanjutnya adalah karena menangis berlebihan. Mungkin Anda sering melihat seorang bayi yang menangis berlebihan ia cenderung batuk, mual dan akhirnya muntah. Namun Anda jangan khawatir, karena muntah yang disebabkan oleh hal ini jarang sekali menimbulkan masalah yang serius.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini!

Cara mengatasi dan mencegah bayi muntah

  1. Ketika bayi muntah setelah diberikan ASI, pastikan Anda membuatnya sendawa. Caranya tegakkan badan bayi setelah menyusui dan tepuk-tepuk punggung bayi dengan ringan hingga ia bersendawa.
  2. Jika bayi muntah karena mabuk perjalanan, sebaiknya lebih banyaklah berhenti selama perjalanan untuk memberikan udara segar pada bayi. Bagi bayi yang sudah makan, tak ada salahnya untuk memberinya makanan kecil . Tak hanya itu saja sediakan pula air agar si kecil tidak dehidrasi selama perjalanan.
  3. Jangan memberi obat muntah pada bayi tanda rekomendasi dari dokter spesialis. Untuk mendapatakan penanganan lebih lanjut Anda bisa membawanya ke dokter.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab bayi sering muntah dan cara mengatasinya.

Loading...