Inilah Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Apa penyebab batuk tak kunjung sembuh? Hal ini pasti banyak ditanyakan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka batuk yang tak kunjung sembuh. Nah apakah Anda sedang mengalami masalah ini? jika iya, ketahuilah penyebab dari batuk yang tak kunjung sembuh untuk menemukan obat yang tepat ketika mengatasinya. Daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Siapa yang tak pernah mengalami batuk? Hampir setiap orang pastinya pernah mengalami hal ini. Ya, batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap sebagai gangguan kesehatan ringan. Banyak orang yang berpendapat dengan mengonsumai obat batuk di pasaran, maka batuk yang mereka alami akan sembuh dengan sendirinya. Padahal tidak semua batuk bisa sembuh dengan mengonsumsi obat batuk.

Ketika ingin mengobati masalah kesehatan ini sangat penting sekali untuk mengetahui beberapa penyebab batuk yang Anda alami. Sebab ada banyak kondisi atau penyakit yang disertai dengan batuk berkepanjangan. Direktur Montefiero Cough Center and Profesor Kedokteran di Albert Einstein Collage of Medicine di New York City, Peter Dicpinigaitis, MD berkata bahwa semua orang pernah batuk dan biasanya tidak berlangsung terlalu lama.

Akan tetapi, ada juga batuk yang berlangsung lama seolah tak mau sembuh sehingga perlu ditangani oleh dokter. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab batuk berlangsung berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.penyebab-batuk-tak-kunjung-sembuh

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh yang Perlu Diketahui

Batuk Rejan

Yang pertama adalah batuk rejan. Batuk rejan sendiri sangatlah menular. Meskipun Anda telah mendapatkan vaksinasi, namun Anda masih bisa tertular penyakit yang satu ini. Sedangkan cara mengatasinya, Anda harus mendapatkan antibiotik dari dokter untuk mengurangi gejala batuk rejan dan menjaga Anda dari penyebaran bakteri dari orang lain. Perlu diketahui bahwa batuk rejan, juga dapat menyebabkan kematian terutama pada bayi.

Baca juga inilah makanan yang harus dihindari saat batuk

Virus Flu

Yang kedua disebabkan karena virus flu. Jika batuk yang Anda alami berlangsung selama tiga minggu atau kurang, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh flu biasa. Terkadang flu juga bisa menyebabkan batuk yang bertahan hingga satu bulan setelah gejala lain berakhir. Biasanya jenis batuknya adalah batuk kering dengan lendir bening.

Sedangkan untuk cara mengatasinya umumnya tak ada obat untuk infeksi virus, sehingga Anda harus menunggu penyakit flu sembuh dengan sendirinya. Jika batuk yang Anda alami terasa sangat serius, Anda bisa minum obat jenis dekongestan atau ekspektoran untuk membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Asma

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma, juga akan mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Biasanya penderita asma akan mengalami batuk kering terus menerus dan akan memburuk pada malam hari, ketika menghirup udara dingin, setelah olahraga hingga ketika Anda berada di sekitar alergen seperti bulu hewan peliharaan atau serbuk sari bunga.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? biasanya, dokter akan memberikan tes pernapasan untuk mendiagnosis asma dan merekomendasikan menggunakan inhaler duka kali sehari selama beberapa minggu untuk melihat apakah batuk Anda reda atau tidak. Menggunakan suntikan alergi atau antihistamin juga dapat membantu meringankan batuk karena asma yang Anda derita.

Pneumonia

Penyebab batuk tak kunjung sembuh selanjutnya adalah karena pneumonia. Pneumonia dapat berkembang ketika infeksi pernapasan menyebar ke paru-paru sehingga menyebabkan kantung udara paru-paru terisi dengan nanah. Hal inilah yang menyebabkan Anda sulit untuk bernapas dan batuk secara terus menerus.

Pneumonia sendiri harus segera diatasi, sebab jika tidak penyakit ini dapat mengancam jiwa Anda. Biasanya dokter akan meminta Anda untuk menjalani tes X-ray untuk mengetahui secara pasti Anda memiliki pneumonia atau tidak. Sebaian besar kasus pneumonia disebabkan karena bakteri, biasanya pasien akan diberikan antibotik untuk meringankan gejala yang ada.

Postnasal Drip

Jika Anda mengalami batuk yang telah berlangsung selama delapan minggu atau lebih, bisa jadi itu adalah postnasal drip. Postnasal drip sendiri adalah kondisi di mana lendir terakumulasi dalam sinus dan masuk ke bagian tenggorokan.  Gejala lain yang dapat menunjukkan seseorang mengalami masalah ini adalah Anda sering berdehem untuk membersihkan tenggorokan dan sakit tenggorokan.

Cara mengatasinya yaitu dengan membilas hidung dengan cairan saline atau pergi ke dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat jenis steroid atau antihistamin untuk mengurangi peradangan. Biasanya dokter juga akan memberikan antibiotik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Acid Reflux

Yang terakhir adalah acid reflux atau asam lambung. ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, ujung saraf akan teriritasi dan memicu batuk secara terus menerus namun sayangnya kondisi ini sulit untuk didiagnosa.

Sebagian besar masalah ini mudah diatasi dengan obat antasida, namun jika sudah parah Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga obat batuk berdahak tradisional paling mujarab

Nah itulah beberapa penyebab batuk tak kunjung sembuh lengkap dengan cara mengatasinya.

loading...