Inilah Penyakit Akibat Kurang Serat

By Categories : Kesehatan

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga  keseimbangan dalam proses metabolisme. Dalam sehari, kebutuhan serta yang harus dipenuhi adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Untuk memenuhi asupan nutrisi ini dalam setiap harinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran, buah-buahan, sereal, biji-bijian dan masih banyak lagi. Dengan terpenuhinya asupan serat tentu saja ini dapat membuat proses pencernaan semakin lancar. Lalu apa saja akibat kurang serat di dalam tubuh? Jika tubuh kurang serta, maka dapat menyebabkan penyakit berikut ini.

Inilah Penyakit Akibat Kurang Serat

Akibat kurang serat di dalam tubuh

Sembelit

Hampir setiap orang mengetahui bahwa sembelit merupakan salah satu akibat yang paling umum ketika tubuh kekurangan nutrisi yang satu ini. Hal ini dikarenakan serat sangat berguna untuk mengatur pergerakan makanan di dalam usus agar lebih mudah dikeluarkan. Nah jika tubuh kekurangan serta tentu saja ini dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Selain kurang serat, BAB juga dapat disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga.

Menyebabkan obesitas

Seperti yang Anda ketahui, kurang serat dapat menghambat proses pencernaan dalam tubuh sehingga sampah dapat menumpuk di dalam tubuh, dan pada akhirnya hal ini dapat memicu perut buncit dan kenaikan berat badan. Berat badan yang berlebih pastinya juga dapat meningkatkan resiko tubuh terserang penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi serat. Selain dapat menyehatkan tubuh, serta juga dapat menjaga bentuk tubuh lebih ideal.

Wasir

Akibat kurang serat selanjutnya adalah dapat menyebabkan wasir. Wasir atau ambeien adalah sautu kondisi di mana saluran anus dalam kondisi membengkak dan meradang. Sehingga hal ini menyebabkan  susah air besar. Dan ketika buang besar pun biasanya akan disertai nyeri yang tak tertahankan pada bagian anus. Jika sudah parah, buang air besar juga biasanya disertai dengan darah.

Diabetes

Tahukah Anda bahwa serat merupakan salah satu nutrisi utama untuk mengontrol kadar gula darah. Sehingga seseorang yang kurang serat memiliki resiko besar terkena penyakit ini. Karena kurang serat dapat menimbulkan efek tidak stabilnya gula darah di dalam tubuh. Mengingat penyakit diabetes dapat memicu komplikasi yang lebih parah, sebaiknya Anda selalu rutin mengonsumsi serat.

Meningkatkan kolesterol

Meskipun bukan suatu penyakit, akan tetapi kolesterol jahat dapat memicu penyakit mulai dari obesitas, jantung dan lainnya. Hal ini karena salah satu fungsi serta adalah untuk menurunkan kolesterol di dalam darah.  Jika kolesterol terkontrol tentu saja ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit tersebut. Akan tetapi seseorang yang kurang mengonsumsi serta dapat meningkatkan resiko terserang penyakit ringan hingga berat seperti jantung.

Nah itulah beberapa penyakit akibat kurang serat.

Baca juga artikel lainnya inilah sayur dan buah untuk melancarkan BAB.

Loading...
terms: akibat kurang serat