Inilah Pengertian dan  Perbedaan DNA dan RNA

By Categories : Pendidikan

Seluruh makhluk hidup yang di dunia tentu saja memilki DNA dan juga RNA. Tak hanya manusia saja, DNA dan RNA juga dimiliki oleh hewan serta tumbuhan. Antara keduanya tentu saja memiliki sebuah zat berbeda yang dapat memberikan identitas yang jelas dan rinci mengenai makhluk hidup. Biasanya, DNA dan RNA memiliki hubungan dengan orang terkedekat di dalam keluarga seperti orang tua. Maka jangan heran jika keduanya sering kali digunakan sebagai penentu identitas seseorang yang hilang ataupun korban bencana, terutama yang DNA. Baik DNA maupun RNA sendiri semuanya tersusun dari makromolekul yang cukup sederhana, namun sangat penting untuk pewarisan sifat manusia serta proses metabolisme. Sebelum mengetahui apa saja perbedaan DNA dan RNA, berikut adalah penjelasan dari keduanya yang perlu diketahui.

Inilah Pengertian dan  Perbedaan DNA dan RNA

Pengertian dan perbedaan DNA dan RNA

Tentang DNA

DNA (Deoxyribonucleic Acid) atau yang biasa disebut dengan Deoksiribosa Nukleat adalah merupakan suatu asam yang ada disemua tubuh makhluk hidup dan menjadi sebuah kode genetika yang berfungsi untuk menentukan bentuk dari organisme tersebut. Selain itu, DNA juga dapat menyimpan kode di dalam sel untuk membuat RNA. DNA sendiri terdiri dari gula 5 karbon, yaitu purin (adenin dan guanin), pirimidin (sitosin dan timin) serta gugus fosfat.

Tentang RNA

RNA (Ribonucleic Acid) atau yang biasa disebut dengan Asam Ribonukleat merupakan sebuah rantai nukleotida yang juga dimiliki oleh semua makhluk hidup sama seperti DNA. RNA hnya terdiri dari adenin, sitosin, guanin dan juga urasil. Jika RNA mengalami mutasi gen, maka hal ini akan mempengaruhi DNA serta dapat membuat masalah kesehatan pada organisme. Secara umum fungsi dari RNA adalah untuk sintesa protein, meregulasi dan menduplikasi gen serta menyimpan dan menyalurkan informasi yang diterima.

Setelah mengetahui apa itu DNA dan RNA, berikut adalah perbedaan DNA dan RNA.

Secara umum perbedaan DNA dan RNA adalah sebagai berikut:

  • Molekul DNA memiliki bentuk seperti rantai ganda atau double helix sedangkam RNA adalah rantai tunggal
  • Pentosa: DNA merupakan dioksiribosa dan RNA adalah ribosa.

Selain perbedaan tersebut, ada juga perbedaan lainnya seperti:

Berdasarkan lokasinya

  • DNA terdapat di kromosom dalam inti sel.
  • Lokasi RNA berbeda-beda, tergantung jenisnya. RNA t(tranfer) terdapat di dalam sitoplasma, RNA d(duta) terdapat di inti atau nukleus sedangkan RNA r(ribosom) terletak di ribosoma.

Berdasarkan fungsinya

  • DNA berdungsi untuk memberikan informasi mengenai keterangan genetik.

Berdasarkan jenisnya, RNA pun memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu:

  • RNA t berfungsi untuk mengikat asam amino di sitoplasma
  • RNA d berfungsi untuk menerima fungsi genetik DNA dengan melalui proses transkripsi yang terjadi di inti sel atau nukleus.
  • Sedangankan RNA r memiliki tugas untuk mensitesa protein dengan asam amino yang pada akhirnya akan menghasilkan polipeptida.

Susunan kimia

  • Gula penyusun DNA adalah dioksiribosa, RNA adalah ribosa.
  • Basa penyusun DNA adalah timin, RNA adalah urasil.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan perbedaan DNA dan RNA. Baca juga perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Loading...
terms: perbedaan dn, perbedaan rna dan dna