Inilah Obat Sakit Telinga Tradisional Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Telinga merupakan salah satu organ penting dalam tubuh seseorang yang berfungsi sebagai indra pendengar. Selain berfungsi sebagai indra pendengar ternyata telinga juga berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia.  Hal ini dikarenakan dalam telinga terdapat berbagai saluran yang berhubungan dengan organ yang lainnya, namun dalam menjalankan fungsinya telinga juga tidak luput dari gangguan atau kelainan. Apakah Anda pernah mengalami gangguan pada telinga? Jika telinga bermasalah memang hal yang sangat mengganggu, apalagi hal itu terjadi setiap hari. Tentu saja akan dapat mengganggu aktivitas Anda setiap harinya . Dari kondisi tersebut sekarang ini banyak sekali obat sakit telinga yang beredar di pasaran. Namun sebelum Anda memutuskan menggunakan obat-obatan yang beredar di pasaran alangkah baiknya jika Anda berfikir kedua kali. Karena obat  tersebut banyak mengandung bahan kimia yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Obat Sakit Telinga Tradisional Paling Ampuh
Berkaitan dengan sakit telinga, berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai obat sakit telinga tradisional yang dapat Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

Obat Sakit Telinga Alami

Bawang Merah

obat sakit telinga tradisional yang pertama adalah bawang merah. Hal ini dikarenakan dalam bawang merah memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri yang sangat berguna untuk melawan bakteri dalam telinga yang dapat menimbulkan berbagai penyakit telinga. Penggunaan bawang merah sebagai obat sakit telinga adalah cukup dengan menyediakan beberapa siung bawang merah.  Setelah itu bisa Anda tumbuk sampai halus kemudian campurkan dengan sedikit air dan minum air tersebut secara rutin sampai keluhan sakit telinga tersebut hilang.

Kunyit

Obat sakit telinga yang kedua adalah menggunakan kunyit dengan campuran daun iler dan biji mahoni. Ketiga bahan alami tersebut dihaluskan, setelah itu Anda bisa memanaskan tiga sendok minyak wijen. Kemudian campurkan dan tunggu hingga dingin lalu teteskan ramuan tersebut pada telinga Anda yang sakit.

Uap Minyak Eukaliptus dan Lavender

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan uap minyak eukaliptus dan lavender sebagai obat sakit telinga yang dipercaya sangat ampuh. Adapun caranya culup dengan menuangkan air hangat ke dalam mangkuk lalu teteskan kedua minyak tersebut. Setelah itu hiruplah uap air hangat tersebut dengan perlahan dan secara rutin karena cara tersebut juga dipercaya dapat meringankan gejala infeksi pada telinga.

Menggunakan Tanaman mullein

Obat sakit telinga tradisional yang terakhir adalah dengan menggunakan tanaman mullein. Tanaman mullein adalah tanaman herbal yang memang sangat sulit ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Namun Anda dapat mendapatkan sudah dalam bentuk ekstrak. Adapun caranya cukup dengan merendam 1 sendok the mullein dengan 1,5 air mendidih. Setelah dingin, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalamnya. Lalu teteskan cairan tersebut pada telinga Anda yang sakit.

Tips Merawat Telinga yang Benar

Karena merupakan bagian tubuh yang penting maka perawatan telinga juga harus diperhatikan. Perawatan telinga yang sembarangan akan berisiko melukai bagian dalam telinga. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam perawatan telinga yang benar.

Hindari mengorek telinga

Membersihkan telinga bagi sebagian orang merupakan aktivitas yang rutin dilakukan. Apalagi dengan mengorek bagian dalam telinga. Namun perlu Anda ketahui jika mengorek telinga justru berisiko melukai telinga Anda. Luka yang terjadi pada telinga berdampak buruk pada fungsi telinga sehingga dapat mengurangi kemampuan pendengaran Anda.

Bersihkan bagian luar saja

Perlu Anda ketahui jika telinga memiliki kemampuan alami yang dapat mendorong kotorannya ke bagian luar. Sehingga Anda dianjurkan untuk membersihkan telinga di bagian luar saja yakni pada daun telinga dan rongga telinga bagian luar. Ini sangat masuk akal karena jika Anda membersihkan kotoran maka akan membuat kotoran tersebut kembali masuk ke dalam.

Check up rutin dengan ahli

Tips selanjutnya dalam perawatan telinga yang benar adalah sering melakakan check up dengan dokter THT. Dokter spesialis ini tentu paham bagaimana perawatan yang baik. Selain pengetahuan, dokter THT juga didukung dengan alat yang efisien dan aman untuk perawatan telinga.  Jika Anda ingin membersihkan telinga sendiri di rumah maka Anda cukup membasuhkan telinga saat mandi, kemudian keringkan menggunakan handuk yang halus agar tidak melukai daun telinga Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kapas yang dibasuhi baby oil.

Perawatan tidak berlebihan

Maksud dari poin ini adalah Anda tidak perlu memastikan telinga Anda benar-benar bersih. Hal ini karena telinga dapat memproduksi serumen khusus yang efektif dalam menyaring berbagai kotoran yang masuk ke dalam telinga serta melumasi gendang telinga. Selain itu, serumen tersebut akan melindungi Anda dari serangga yang masuk ke telinga serta debu di lingkungan Anda. Untuk itu bersihkan telinga sewajarnya saja dan tidak perlu berlebihan.

Demikian penjelasan mengenai obat sakit telinga tradisional yang dapa Anda ketahui.

Loading...