Inilah Menu Diet Saat Puasa Ramadhan

By Categories : Makanan

Menu diet saat puasa sangat penting untuk diperhatikan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Menu makanan yang salah justru dapat membuat berat badan Anda meningkat dan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Di bulan Ramadhan, hampir semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Hal ini dilakukan selama satu bulan. Ketika menjalankan ibadah puasa tentu seseorang tidak boleh makan pada waktu tertentu. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda. Namun bagi sebagian orang, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ini karena hampir selama 13 jam tubuh Anda tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman

Namun tidak sedikit juga yang gagal untuk menurunkan berat badan saat puasa di bulan Ramadhan. Justru malah sebaliknya, berat badan meningkat setelah berpuasa selama satu bulan. Hal tersebut sering terjadi karena menu makan yang salah saat berbuka puasa. Banyak orang yang makan dengan porsi banyak ketika buka puasa tiba. Alasannya adalah untuk mengobati rasa lapar dan mengisi energi setelah seharian tidak mendapatkan asupan makanan.

Menu Diet Saat Puasa Ramadhan

Cara tersebut merupakan hal yang salah, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Menu diet saat puasa harus diperhatikan. Walaupun dalam kondisi lapar Anda harus tetap memilih makan makanan yang bergizi. Porsi makan juga tidak harus langsung banyak. Anda dapat makan sedikit demi sedikit agar makanan mudah dicerna.

Daftar Menu Diet Saat Puasa

Kebiasaan makan apa saja saat berbuka puasa perlu Anda hindari. Ini karena salah memilih makanan justru dapat memperburuk kesehatan Anda. Sebelum makan makanan berat sebaiknya Anda minum air putih dan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Sebenarnya ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar program diet Anda berhasil di bulan puasa. Berikut ulasannya.

• Hindari Karbohidrat. Sebagian orang menganggap jika mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah banyak maka energi tetap terjaga selama berpuasa. Namun pada kenyataannya saat tubuh telah beradaptasi dengan pola makan yang sedikit , tubuh akan menyimpan cadangan energi. Untuk itu mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah banyak perlu Anda hindari.

• Makan dengan porsi sedikit namun sering. Ketika buka puasa tiba, Anda tidak boleh makan dengan porsi yang banyak. Anda dapat mengawalinya makan sup, ini bertujuan agar saluran pencernaan tidak terkejut. Setelah sholat maghrib ataupun tarawih Anda baru dapat makan besar. Setelah makan Anda tidak disarankan langsung tidur karena dapat menyebabkan diet gagal.Sayuran

• Sahur menggunakan sup. Menu diet saat puasa ini penting untuk melancarkan saluran pencernaan. Anda akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Jika Anda langsung makan besar justru akan membuat Anda cepat lepar dalam hitungan jam

• Terus berolahraga. Tidak sedikit orang yang malas berolahraga ketika berpuasa. Mereka menganggap kondisi tubuh yang lemas justru akan lebih buruk ketika berolahraga. Padahal anggapan tersebut adalah salah. Olahraga ketika berpuasa justru baik untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Kondisi ini juga memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan program diet Anda dapat berhasil maka makanan yang Anda konsumsi harus diperhatikan. Anda harus mengatur menu ketika berbuka ataupun sahur. Berikut beberapa menu makanan yang bisa Anda coba.

Kacang Kedelai

Ini merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein lengkap. Kacang kedelai mengandung sembilan asam amino sehingga sangat baik untuk tubuh. Anda dapat memasukan satu mangkuk edamame untuk buka puasa karena mengandung 17 gram protein dan vitamin serta mineral.

baca juga : kandungan gizi kacang kedelai lengkap

Tempe

Tempe dapat Anda masukan ke dalam menu diet saat puasa. Makanan khas Indonesia ini memang memiliki harga yang cukup terjangkau, namun kandungan protein yang ada pada tempe sangatlah baik tubuh dan sangat cocok untuk program diet sehat.

Tahu

Seperti halnya tempe, tahu juga dapat Anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan ketika berpuasa. Tahu mengandung protein yang cukup tinggi yang baik untuk tubuh. Selain itu, bagi seseorang yang mengonsumsi tahu akan mengurangi rasa lapar pada malam hari.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau terdiri dari berbagai macam, diantaranya adalah bayam dan sawi. Sayuran hijau memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga saat dikonsumsi dalam jumlah yang besar Anda tidak perlu khawatir. Selain itu, sayuran hijau juga merupakan makanan yang berserat dan bagus untuk pencernaan. Untuk itu Anda dapat menjadikan sayuran hijau sebagai menu buka puasa Anda.

Buah buahan

Selain sayuran hijau, buah-buahan juga dapat Anda masukan ke dalam menu buka puasa ataupun sahur. Buah-buahan segar mampu memperlancar pencernaan serta baik untuk pembakaran lemak dalam tubuh. Beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi adalah apel, pisang, semangka, dan kiwi.

baca juga : buah-buahan untuk diet

Itulah beberapa menu diet saat puasa yang perlu Anda perhatikan. Untuk menurunkan berat badan lebih cepat Anda juga harus istirahat dengan cukup dan teratur.

loading...