Inilah Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Seledri sering dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap ke dalam menu makanan. Daun seledri memiliki ciri khas seperti aroma khas dan membuat masakan memiliki cita rasa lebih. Selain sebagai tambahan ke dalam beberapa masakan, daun seledri juga sering dijadikan sebagai bahan untuk mempercantik tampilan masakan ketika disajikan. Selain memiliki fungsi sebagai bahan pelengkap, seledri memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan sumber di internet seledri memiliki banyak fungsi untuk tubuh. Bagi Anda yang beleum mengetahuinya apa saja manfaat yang dimiliki, alangkah baiknya jika mengetahui dengan membaca pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

  • Seledri membantu Anda untuk mengurangi keinginan dalam mengonsumsi makanan dengan cita rasa manis yang dapat menyebabkan berat badan menjadi naik dan susah untuk terkontrol.
  • Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh serta membantu menjaga organ ginjal agar berfungsi dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit stroke.
  • Seledri mengandung zat seperti asam folat, niasin, vitamin C, riboflavin yang semuanya memiliki fungsi untuk membantu sistem metabolisme tubuh agar lebih maksimal.Inilah Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh
  • Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu menjaga sistem imunitas tubuh serta berfungsi sebagai pelindung tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam seledri mengandung antioksidan flavonoid di antaranya adalah zea xanthin, lutein, dan juga beta karoten.
  • Seledri termasuk salah satu tanaman herbal yang rendah akan kalori. Di dalam daun seledri sebanyak 100 gram hanya terdapat 16 kalori saja serta terdapat serat non larut. Kandungan tersebut membantu dalam menurunkan berat badan serta membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
  • Seledri mengandung kalsium alami di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium dibutuhkan oleh tubuh dalam memelihara dan menjaga kesehatan gigi serta tulang agar tetap kuat seperti kalsium di dalam susu.
  • Selain mengandung kalsium, seledri juga mengandung kalium yang memiliki peran sebagai elektrolit serta mineral penting dalam membantu tubuh, dan juga mengatur keseimbangan asam dan basa.
  • Meski kandungan di dalam seledri sebagian besar adalah air, namun daun ini juga memiliki serat cukup banyak. Di dalam 100 gram daun seledri terdapat kurang lebih 1,6 gram serat yang dapat membantu mencegah permasalahan pada pencernaan tubuh.
    Seledri juga mengandung vitamin K yang memiliki fungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Sehingga sangat membantu penyembuhan ketika tubuh mengalami luka ataupun memar. Di dalam 1 porsi jus seledri mentah terkandung 118 mikrogram vitamin K yang bermanfaat untuk memenuhi asupan vitamin K pria maupun wanita.

Nah dengan mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki seledri untuk kesehatan tubuh, jangan ragu untuk menambah seldri ke dalam masakan secukupnya. Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat seledri untuk kesehatan tubuh.