Inilah Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Mungkin belum banyak orang yang mengenal tentang manfaat jahe merah itu sendiri bagi kesehatan tubuh. Biasanya tanaman herbal yang memiliki nama latin Zingiber Officinale Roxb Var Rubra ini sering dimanfaatkan sebagai obat. Seperti yang Anda ketahui semua orang tentu saja ingin selalu sehat dan bugar dalam setiap harinya. Pada umumnya ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat, istirahat teratur, minum air putih serta mengonsumsi obat herbal agar tubuh tetap terjaga.

Manfaat Jahe Merah

Salah satu tanaman herbal yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah jahe merah. Mengonsumsi jahe merah untuk pecegahan dan pengobatan tentu saja tidak memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. karena jahe merah mengandung zat dan nutrisi baik. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Khasiat jahe merah untuk kesehatan

Mengobati nyeri sendi

Jahe merah kaya akan flavonoid yang sangat ampuh untuk mengobati nyeri sendi. Hal ini dikarenakan flavonoid  ini berguna sebagai anti inflamasi atau anti peradangan serta berguna untuk antioksidan. Cara memanfaatkan jahe merah untuk mengobati nyeri sendi yaitu siapkan jahe merah segar, temulawak, daun kumis kucing dan cabe jawa. Setelah itu cuci bersih bahan-bahan tersebut dan haluskan lalu rebus hingga mendidih, saring dan minumlah ramuan tersebut secara teratur.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya jahe merah juga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. sistem imun tubuh yang kuat tentu saja hal ini dapat membuat tubuh kebal terhadap suatu penyakit dan daya tahan tubuh dapat tetap terjaga. Caranya, siapakan beberapa ruas jahe merah dan2 sendok madu putih. Kemudian cuci dan rebus jahe hingga mendidih lalu campurkan dengan madu putih.

Mengobati batuk

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah untuk mengobati batuk. Rasa pedas yang dihasilkan oleh jahe merah dapat meringankan gejala batuk dan juga flu. Tak hanya itu saja, jahe juga mengandung gingerol yang dapat melegakan tenggorokan serta mengencerkan dahak. Cara mudah mengobati batuk menggunakan jahe merah adalah dengan meminum air rebusan jahe merah tersebut.

Mencegah penuaan dini

Selain berguna untuk kesehatan, jahe merah juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Mengapa demikian? Karena jahe merah mengandung antioksidan zingerone dan minyak atsiri yang sangat ampuh untuk mencegah penuaan dini. Beberapa orang juga mengaku bahwa menggunakan jahe merah secara rutin juga dapat menghilangkan keriput pada wajah.

Untuk diet

Seseorang yang sedang menurunkan berat badan, jangan lupa untuk memasukkan jahe merah ke dalam daftar minuman Anda. karena kandungan zat baik dalam zat merah berguna untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. mengonsumsi arir rebusan jahe merah juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah pada berat badan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Loading...