Inilah Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum jika daun sirih memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, baik untuk kesehatan kulit ataupun kesehatan tubuh. Tumbuhan asli Indonesia ini kaya akan senyawa yang sangat bermanfaat, antara lain minyak atsiri, kavicol, kavibetol, karvakrol, tanin, saponin, flavonoid, alkohol, propada, fenil dan masih banyak lagi. Dalam dunia kesehatan juga membenarkan adanya manfaat daun sirih merah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dari daun sirih merah untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Manfaat Daun Sirih Merah

Khasiat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh

Mengatasi mimisan

Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi mimisan. Hal ini dikarenakan daun sirih merah kaya akan senyawa fenil popada dan terpen. Kedua senyawa tersebut akan membantu darah yang keluar agar dapat segera berhenti. Cara memanfaatkan daun sirih merah untuk mengatasi mimisan adalah dengan menggulung satu lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.  Cara ini sangat efektif untuk menghentikan pendarahan.

Mengobati diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah yang belebih. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, tak ada salahnya juga mencoba pengobatan secara herbal dengan  menggunakan daun sirih merah. Kandungan pycene, eugenol, klavicol dan terpenoid dapat membantu kerja insulin dalam mengontrol kadar gula darah.

Mengurangi bau badan

Manfaat daun sirih beirkutnya adalah dapat mengurangi bau badan. Seperti yang Anda ketahui, daun sirih merah kaya akan senyawa yang baik untuk mengatasi masalah ini, yaitu estragol dan kavikol. Kedua senyawa tersebut berguna untuk mengendalikan produksi hormon dan juga kelenjar keringat dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini caranya pun sangat mudah, yaitu Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih merah secara teratur sebanyak 2 gelas dalam setiap harinya. Selain itu, Anda pun juga bisa mengoleskan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk pada daerah ketiak secara teratur.

Mengatasi payudara membengkak

Daun sirih merah juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi payudara membengkak setelah menyusui. Caranya pun sangat mudah, yaitu bakar daun sirih merah hingga layu kemudian tempelkan pada area payudara yang mengalami pembengkakan. Kandungan senyawa karvakrol dan allyprokatecol dapat meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.

Obat batuk alami

Manfaat berikutnya adalah untuk obat batuk alami. Jika Anda menderita batuk, cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun sirih, caranya, amnil 5 lembar daun sirih merah kemudian rebus dengan 300 ml air. setelah mendidih saring ramuan tersebut dan minum secara teratur 2 kali dalam sehari.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh.