Inilah Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk

By Categories : Kesehatan

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling menyebalkan dan mengganggu. Hal ini karena batuk juga dapat menyebabkan tenggorokan sakit dan pastinya hal tersebut akan sangat menyiksa. Pada umumnya ada beberapa faktor penyebab batuk itu sendiri salah satunya yaitu virus, asma, dehidrasi, cuaca dingin, mengonsumsi makanan sembarang dan juga polusi udara. Oleh karena itu sangat penting untuk menghindari beberapa makanan yang dapat memicu batuk semakin parah. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat batuk.

Makanan yang Harus Dihindari saat batuk

Makanan yang Harus Dihindari saat batuk

Makanan berminyak atau makanan digoreng

Selain memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan berminyak ataupun makanan yang digoreng juga dapat memicu batuk yang Anda derita semakin parah. Oleh karena itu, makanan ini sangat tidak disarankan dikonsumsi ketika sedang batuk. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jahat yang ada pada gorengan dapat menyebabkan tenggorokan semakin sakit serta dapat memicu panas dalam.

Es krim

Yang kedua sebaiknya Anda menghindari es krim saat batuk. Sensasi dingin yang ditimbulkan es krim juga dapat memperparah batuk serta dapat membuat tenggorokan semakin sakit. Selain es krim, Anda juga harus menghindari minuman yang menggunakan gula buatan. Hal ini dikarenakan kandungan zat pada gula buatan justru akan memperparah penyakit tersebut.

Makanan pedas

Makanan yang harus dihindari saat batuk selanjutnya adalah makanan pedas. Banyak orang yang berpendapat bahwa mengonsumsi makanan pedas, dapat membantu meringankan rasa gatal pada tenggorokan serta dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. akan tetapi hal tersebut tidak benar, mengonsumsi makanan pedas saat batuk justru akan menambah rasa sakit pada tenggorokan dan juga memburuk batuk Anda.

Alkohol

Minum alkohol saat cuaca dingin memang dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Akan tetapi jika Anda sedang batuk sebaiknya Anda menghindari minuman keras yang satu ini. Sama halnya dengan makanan-makanan di atas, minuman beralkohol yang Anda konsumsi hanya akan memperburuk batuk dan kondisi tenggorokan Anda.

Makanan asam

Selanjutnya adalah makanan asam. Makanan asam seperti jus lemon dan buah jeruk sebaiknya Anda menghindarinya. Karena makanan yang mengandung asam tinggi dapat memicu gatal pada tenggorokan Anda, dan pastinya ini akan memperparah batuk serta menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan saat menelan makanan ataupun minuman.

Kafein

Mengonsumsi minuman berkafein salah satunya kopi memanglah sesuatu yang nikmat. Akan tetapi, mengonsumsi minuman ini saat batuk justru akan membuat tenggorokan semakin gatal dan sakit. Sebaiknya ganti kopi Anda dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti teh jahe herbal. Minuman tersebut dapat meringankan rasa gatal pada tenggorokan Anda.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat batuk. Baca juga artikel mengenai Cara mengobati batuk berdahak secara alami.

loading...
terms: buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, Makanan yang harus dihindari saat batuk, makanan penyebab batuk, makanan yang dihindari saat batuk, makanan yang dilarang saat batuk, makanan yang harus dihindari saat batuk kering, pantangan makanan saat batuk, makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak, makanan yang harus di hindari saat batuk, makanan yang bikin batuk tambah parah, makanan yg harus dihindari saat batuk, pantangan saat batuk