Inilah Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin

By Categories : Umum

Hemoglobin merupakan metaloprotein yang merupakan protein dengan kandungan zat besi) di dalam sel darah merah. Adapun fungsi dari hemoglobin ini adalah mengangkut oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, tetapi hemoglobin juga berperan dalam membentuk sel darah merah.

Jika tubuh manusia kekurangan hemoglobin, bisa dipastikan akan terkena anemia atau kekurangan darah. Mengetahui begitu vital peran hemoglobin ini, sebaiknya Anda perlu melakukan langkah untuk menjaga agar hemoglobin tetap sehat. Lalu bagaimana cara menjaga hemoglobin agar tetap sehat? Caranya cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi beberapa sumber makanan di bawah ini!

Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin

Berikut Makanan untuk Mengingkatkan Hemoglobin

Daging

Daging merupakan salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Dalam daging terkandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Daging merah dapat mudah diserap tubuh, namun Anda juga perlu waspada jika terlalu banyak mengonsumsi daging justru memicu resiko dari serangan jantung. Oleh sebab itu konsumsi daging jangan terlalu berlebih, dan diet merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan.

Buah-Buahan

Sumber makanan berikutnya yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin adalah buah-buahan. Buah yang mengandung zat besi misal buah anggur, tomat, buah pisang, alpukat, semangka, apel, jeruk, dan stroberi. Buah-buah tersebut dapat Anda konsumsi karena mengandung zat besi cukup tinggi yang bisa membantu dalam peningkatan hemoglobin. Terlebih lagi buah-buah tersebut juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Baca juga Manfaat buah tomat untuk kecantikan.

Kacang-Kacangan

Makanan berikutnya adalah kacang-kacangan. Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung zat besi, meskipun terdapat sebagian jenis kacang yang tidak mengandung zat tersebut. Seperti penjelasan di atas bahwa zat besi baik dalam membantu peningkatan hemoglobin dalam darah. Di antara banyaknya jenis kacang terdapat jenis kacang yang mengandung zat besi tinggi seperti kacang almond. 1 ons kacang almon sudah bisa mencukupi sebanyak 6 persen dari kebutuhan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

Sayuran

Sumber makanan nabati seperti sayur-sayuran dibutuhkan oleh tubuh untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Sumber nabati seperti bayam, kacang polong, kubis, lobak, kol, dan kentang sangat baik dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsi sumber makanan nabati.

Biji-Bijian

Tidak kalah dengan sumber makanan di atas, biji-bijian juga mengandung zat besi dan sebagai sumber hemoglobin bagi tubuh. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada biji-bijian seperti beras merah, tepung terigu, serta roti yang mengandum gandum. Anda dapat membeli sereal yang mengandum gandum. Gandum sendiri sering digunakan sebagian orang sebagai salah satu bahan makanan untuk menjalankan program diet, karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi.

Sekian tadi pembahasan mengenai makanan untuk meningkatkan hemoglobin yang perlu Anda ketahui. Penurunan hemoglobin bisa terjadi ketika seseorang mengalami demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Baca juga Jenis minyak goreng yang sehat.