Inilah Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

By Categories : Makanan

Sumber makanan sehat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memaksimalkan agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Setiap makanan sehat memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh. Sumber makanan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak perlu diperkenalkan kepada anak sejak usia dini.

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

Sebagai orang tua, Anda perlu menekankan betapa pentingnya mengonsumsi makanan sehat termasuk beberapa makanan yang baik untuk kecerdasan otak sang anak. Apabila Anda masih bingung mengenai apa saja makanan yang baik untuk kecerdasan otak, silahkan ikuti pada artikel berikut ini mengenai makanan terbaik untuk kecerdasan otak yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak

Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia salah satunya dalam untuk kecerdasan otak. Hal ini disebabkan karena ikan salmon mengandung omega-3 (DHA dan EPA) yang berfungsi untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan otak pada anak. Oleh sebab itu Anda sebagai orang tua perlu memberikan ikan salmon kepada anak sejak usia dini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan seseorang dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin memiliki kemampuan daya pikir lebih tajam.

Oat

Oat atau disebut sebagai oatmeal merupakan sejenis sereal yang banyak disukai oleh anak-anak. Sumber makanan ini juga tidak kalah pentingnya untuk membantu kecerdasan pada otak. Dengan mengonsumsi oat mampu memberikan energi pada otak yang berfungsi untuk mengawali aktivitas seharian sang anak. Kandungan lain yang terdapat pada oat di antaranya seperti vitamin B, vitamin E, potasium, seng, dan banyak lagi.

Buah Berry

Makanan terbaik untuk kecerdasan otak berikutnya adalah buah berry. Buah berry di antaranya seperi raspberry, blackberry, blueberry, stroberi, dan banyak jenis lainnya. Aneka jenis buah berry mengandung antioksidan serta vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Di samping kandungannya tersebut buah ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak.

Daging Sapi tanpa Lemak

Daging sapi yang sudah dipisahkan dengan lemaknya menjadi sumber protein hewani yang mengandung zat besi tinggi. Zat besi merupakan mineral esensial yang bisa membantu anak dalam berkonsentrasu serta lebih berenergi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Sementara kandungan lainnya seperti seng yang berperan juga dalam membantu daya ingat pada otak.

Gandum

Sumber makanan berikutnya yang baik untuk kecerdasan otak adalah gandum. Otak membutuhkan glukosa dari tubuh tidak berlebihan alias konstan. Sumber makanan seperti gandum sangat cocok untuk dikonsumsi secara teratur asalkan tidak terlalu berlebih dalam mengonsumsinya. Gandum mengandung serat alami yang membantu melepaskan glukosa di dalam tubuh. Selain itu gandum juga mengandung vitamin B yang membantu kesehatan sistem saraf tubuh.

Tomat Karotenoid

Zat yang menimbulkan warna merah pada tomat tersebut dipercaya mampu meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan jangka panjang. Kateroid yang paling baik adalah likopen yang banyak ditemukan pada kulit tomat. Salah satu zat antioksidan ini mampu melindungi sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan alzheimer dan demensia.  Peneliti dari Finlandia mengungkapkan jika likopen dapat membantu melindungi otak dari penyakit stroke. Seorang pria yang memiliki kadar likopen lebih tinggi memiliki kemungkinan terkena stroke 55% lebih rendah dari mereka yang memiliki kadar likopen rendah.

Vitamin B

Vitamin B dan B kompleks mampu menurunkan kadar homosisten di dalam darah. Tingginya kadar homosistein akan berpengaruh terhadap meningkatnya risiko stroke, alzheimer, dan penurunan kemampuan kognitif. Menurut para peneliti, adanya perbaikan ingatan setelah mengonsumsi vitamin B dan asam folat dosis tinggi dalam waktu 2 tahun. Selain itu, kerusakan sel otak yang dialami juga lebih rendah dibandingkan mereka  yang menjalani pengobatan semu. Beberapa sumber vitamin B6 yang bisa Anda konsumsi adalah pisang, gandum, daging, dan kacang-kacangan.

Blackcurrant

Blackcurrant dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta mengurangi kelelahan mental. Selain itu, blackcurrant mampu membantu menangkal kerusakan pada sel otak yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.  Para peneliti mengungkapkan jika kandungan antosianin pada blackcurrant dapat membantu melawan tekanan oksidatif yang dapat merusak sel otak.

Bayam

Kekurangan zat besi pada tingkat yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan mengingat dan kemampuan belajar. Dengan mencukupi kadar zat besi dapat mengembalikan kemampuan otak .

Cokelat

Makanan terbaik untuk kecerdasan otak selanjutnya adalah cokelat. Kandungan polifenol pada cokelat dapat melindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan neurotoksin, meningkatkan ingatan, kemampuan belajar, serta fungsi kognitif. Bagi seseorang yang rutin mengonsumsi cokelat selama 8 minggu akan memiliki kemampuan mengingat, kelancaran lisan, dan nilai tes kognitif yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Nah itulah tadi makanan terbaik untuk kecerdasan otak yang dapat Anda ketahui. Untuk sumber makanan lainnya seperti telur, sayuran berwarna hijau, dan juga yogurt.