Inilah Makanan Penyebab Sakit Kepala

By Categories : Makanan

Pada umumnya ada beberapa penyebab sakit kepala, mulai dari karena perubahan cuaca, hormon, stres, terlambat makan, kurang istirahat hingga dikarenakan oleh makanan. Meskipun sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan dan tidak terlalu berbahaya, sakit kepala tentu saja dapat menyebabkan rasa tidak nyaman jika terus didiamkan. Apalagi jika Anda sedang melakukan berbagai macam rutinitas sehari-hari, pastinya sakit kepala dapat mengganggu aktivitas  Anda. Seperti yang Anda ketahui, salah satu penyebab dari sakit kepala adalah dari faktor makanan. Nah berikut adalah beberapa makanan penyebab sakit kepala yang perlu dihindari.

Inilah Makanan Penyebab Sakit Kepala

Daftar makanan pemicu sakit kepala

Daging olahan

Produk daging olahan seperti hot dog, kebab dan makanan cepat saji lainnya dapat membuat pembuluh darah semakin melebar. Hal inilah yang dapat membuat kepala terasa sakit. Agar terhindar dari sakit kepala, American Headache Society menyarankan bahwa selalu menjaga menu makanan setiap harinya, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan selalu makan dengan teratur.

Kopi

Meskipun kopi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, akan tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan  kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat memicu sakit kepala. Oleh karena itu, bagi Anda yang sangat menyukai kopi, sebaiknya konsumsilah kopi dalam batas  wajar. Selain dapat menyebabkan sakit kepala, kandungan gula yang tinggi pada kopi juga dapat menyebabkan diabetes.

Kecap asin

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah kecap asin. Kecap asin biasanya kaya akan MSG atau Monosodium Glutamat. Jika MSG tersebut dikonsumsi terlalu berlebihan, tidak hanya dapat menyebabkan sakit kepala, akan tetapi juga dapat menyebabkan diare dan juga kram. Terjadinya sakit kepala akibat kecap asin ini karena kecap asin dapat membuat seseorang menjadi dehidrasi, hal inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Anggur merah atau red wine

Menurut profesor neurologi di Case Western Reserve School of Medicine do Cleveland, Robert Daroff, MD. Ia menyatakan bahwa anggur merah dan alkohol dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak serta dapat menyebabkan dehidrasi. Sehingga sebaiknya Anda menghindari minuman-minuman tersebut.

Keju

Berikutnya adalah keju. Hampir setiap orang menyukai keju, khususnya keju yang sudah memiliki usia tua. Hal ini dikarenakan semakin tua usia keju semkain enak pula rasanya, akan tetapi makanan ini dapat memicu sakit kepala. Karena keju yang tua kandungan proteinnya akan hilang dan akan membentuk tyramine. Zat tersebutlah yang merupakan penyebab sakit kepala.

Pisang

Sama seperti keju, pisang juga kaya akan zat tyramine. Sehingga seseorang yang sensitif terhadap tyramine, sebaiknya menghindari pisang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandungan tyramine dalam pisang yang langsung dikonsumsi bisa mencapai 10 kali lipat jika dibandingkan dengan pisang yang sudah dihaluskan.

Nah itulah beberapa makanan penyebab sakit kepala yang perlu dihindari. Baca juga artkel lainnya cara alami menghilangkan sakit kepala.