Inilah Makanan Khas Lombok Paling Enak

By Categories : Makanan

Siapa yang tidak kenal dengan Lombok? Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan wisata alamnya, terutama wisata pantai. Beberapa pantai di Lombok yang terkenal antara lain Pantai Pink, Pantai Kuta, dan masih banyak lagi. Namun tak hanya wisata pantai saja, Lombok juga memiliki makanan khas yang wajib dicicipi ketika Anda mengunjunginya. Lantas apa saja makanan khas Lombok yang paling enak? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Inilah Makanan Khas Lombok Paling Enak

Daftar makanan khas Lombok yang wajib dicicipi

Plecing Kangkung

Sama seperti namanya, makanan ini terdiri kangkung yang direbus dan ditambahkan dengan sambal tomat.  Meskipun berbahan dasar kangkung, akan tetapi kangkung yang digunakan berbeda dengan kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa. Plecing kangkung ini biasanya ditambahkan dengan  tauge dan kacang goreng untuk menetralisir rasa pesas.

Sate rembiga

Yang kedua adalah sate rembiga. Bahan utama untuk membuat sate rembiga adalah daging sapi. Nama sate ini pun diberikan sesuai dengan  awal mula makanan ini diperdagangkan yaitu Desa Rembiga. Bagi Anda pecinta kuliner, cobalah untuk mencicipi sate rembiga ketika berkunjung ke Lombok. Sate ini memiliki rasa pedas, manis dan juga gurih. Salah satu warung sate rembiga terkenal di Lombok adalah warung sate yang berada di Jalan Dakota, No.2, Rembiga.

Ares

Makanan khas Lombok paling enak selanjutnya adalah ares. Ares merupakan makanan khas yang menggunakan bahan baku utama pelepah pisang atau batang pisang muda. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas, sayur ares bisa menjadi alternatif. Sayur ares sangatlah nikmat ketika dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan air dingin.

Ayam Taliwang

Berikutnya adalah ayam taliwang. Kelezatan dari ayam taliwang sudah dikenal olah banyak orang. proses pembakaran atau penggorengan  ayam ini pun tidak bisa sembarangan, yaitu membutuhkan tungku api dengan bahan bakar kayu nangka atau kayu kopi agar aroma dari ayam ini semakin enak. Untuk bumbunya sendiri terdapat dua pilihan yaitu plecing ataupun pelalah. Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda.

Nasi Balap Puyung

Jika dibandingkan dengan makanan lainnya, makanan yang satu ini memiliki nama yang cukup unik yaitu nasi balap puyung. Makanan yang memiliki rasa pedas dan gurih ini menjadi salah satu makanan yang paling populer. Dalam satu porsi nasi balap puyung terdiri dari nasi, suwiran daging ayam, taburan udang kering, kacang kedelai, telur, abon dan juga belut goreng.

Bebalung

Bahan utama dari makanan yang satu ini adalah tulang iga kerbau atau sapi. Makanan yang dipadukan dengan aneka bumbu rempah-rempah memiliki rasa yang gurih dan pedas. Jika Anda merasa kurang pedas, Anda juga bisa menambahkan sendiri sambal yang disediakan. Salah satu rekomendasi bebalung dengan rasa yang enak adalah Depot Kelebet, di belakang kantor Gubernur NTB tepatnya di jalan HOS Cokroaminoto.

Beberuk Terong

Nama makanan ini cukup unik dan masih jarang orang yang mengetahuinya. Beburuk terong merupakan lalapan yang sering disajikan sebagai pendamping ayam taliwang. Bagi orang Lombok, saat menikmati ayam taliwang harus disertai dengan beburuk terong. Makanan ini mudah diolah dengan bahan dasar terong ungu yang dipotong menyerupai dadu. Bumbu yang digunakan adalah cabai rawit, cabai keriting bawang merah dan putih, gula pasir, kencur, terasi bajar, dan garam secukupnya. Campur semua bumbu dan siram di atas terong dan tambahkan sedikit perasan jeruk limau. Beburuk terong memiliki rasa yang asam, manis, pedas dan juga segar.

Poteng Jaje Tujak dan Iwek 

Makanan khas Lombok ini dapat dengan mudah dijumpai pada saat lebaran. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah tape dan iwek, yakni kue yang terbuat dari ketan hitam dan biasanya disajikan untuk upacara tradisional Lombok. Iwek memiliki rasa yang manis dan legit dan sangat berbeda dari makanan lainnya yang cenderung memiliki rasa pedas. Bagi Anda yang berkunjung ke Lombok disarankan untuk mencoba makanan ini.

Sate Tanjung

Apakah sama sate tanjung dengan sate rembiga? Jawabannya berbeda karena sate tanjung menggunakan bahan yang terbuat dari  ikan bukan daging sapi atau kambing. Ikan yang digunakan adalah ikan cakalang atau ikan langoan. Ikan tanjung sangat nikmat disantap saat keadaan panas dan disajikan dengan menggunakan nasi putih ataupun lontong. Sate ini diolah menggunakan bumbu santan  dan beberapa rempah-rempah  sehingga setelah menikmati badan akan menjadi hangat. Dinamakan sate tanjung karena sate ini terdapat di pasar tanjung.

Demikianlah ulasan mengenai  makanan khas Lombok paling enak. Jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk menikmati kuliner yang memiliki rasa yang khas dari Pulau yang berada di sebelah timur pulau Bali ini.

Baca juga menikmati makanan khas Korea di Bandung.

Loading...