Inilah Makanan Burung Kenari yang Tepat

By Categories : Makanan

Sama seperti burung hias lainnya, burung kenari juga merupakan burung yang sangat populer di Indonesia. Suaranya yang sangat merdu, membuat burung kenari memiliki harga jual yang sangat tinggi. Seseorang yang hobi memelihara burung, burung kenari adalah burung sering dipelihara dan ditangkarkan. Akan tetapi banyak orang yang kebingungan bagaimana caranya. Agar pertumbuhan burung ini baik tentu saja sangat bergantung dengan makanan yang dikonsumsinya. Nah bagi Anda yang berniat dan tertarik memelihara burung ini, berikut adalah makanan burung kenari yang tepat dan baik yang dapat Anda coba.

Inilah Makanan Burung Kenari yang Tepat

Inilah makanan burung kenari yang baik

Buah-buahan dan sayuran

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan dan sayuran merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Selain berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia, buah-buah dan sayuran juga berguna untuk menutrisi burung kenari. Beberapa buah dan sayur yang dapat Anda berikan pada kenari, antara lain buah apel, pir, selada, jagung muda, sawi, gambas, wortel dan juga paprika.

Biji-bijian

Pada umumnya makanan utama burung kenari adalah biji-bijian. Akan tetapi Anda pun bisa memberikannya dengan biji-bijian yang telah dicampur. Bijian yang telah dicampur atau  bijian mix, dapat Anda temukan di toko makanan burung terdekat.

Roti kering

Makanan burung kenari selanjutnya adalah roti kering. Selain menggemari makanan seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Ada juga kenari yang sangat menyukai roti kering. Dalam memilih roti kering pastikan Anda tidak memilih roti yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Karena dapat berbengaruh terhadap kesehatannya, sebaiknya pilihlah roti kering yang berkualitas dengan nutrisi yang seimbang.

Asinan

Sama seperti manusia, burung pun memerlukan asupan kalsium agar organ-organ yang ada di dalamnya tetap sehat dan kuat. Anda dapat memberikan burung kenari dengan makanan yang kaya akan kalsium, seperti tulang sotong, tulang cumi dan lainnya.

Kroto dan telur

Manfaat dari kroto dan telur sangat baik untuk menjaga pertumbuhan dari burung kenari. Makanan ini kaya akan protein dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan burung kenari tetap bugar. Kedua makanan ini juga dapat menunjang dan mengotimalkan vitalitas fungsi-fungsi organ burung kenari. Selain itu, kroto juga  diketahui dapat membuat suara kicauan kenari menjadi lebih nyaring dan indah.

Mentimun

Kandungan air yang sangat tinggi pada mentimun berguna untuk mengurangi rasa haus pada kenari ketika hari sedang terik. Selain itu, mentimun juga dapat membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami obesitas. Cara pemberian makanan ini pun sangat mudah, yaitu potong-potong timun lalu gantungkan di dalam sangkar dengan menggunakan pengait buah.

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung kenari yang tepat. Baca juga tips memelihara kenari untuk pemula

Loading...
terms: makanan burung kenari, makananburungkenari