Inilah Laut Terdalam di Dunia

By Categories : Umum

Bedasarkan fakta di bumi ini memiliki daratan dan lautan yang terbentang luas. Lautan memang lebih luas dibandingkan dengan daratan. Dengan luasnya lautan terdapat banyak samudra dengan nama dan karakteristik yang berbeda. Di antara luasnya lautan yang terbentang menyimpan banyak misteri yang mungkin belum terpecahkan oleh manusia. Setiap lautan memiliki kedalaman yang berbeda, tetapi tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat lautan yang memiliki kedalaman mencapai ratusan bahkan ribuan meter di bawah permukaan laut. Lalu apa sajakah laut tersebut? Ketahui pada pembahasannya di bawah ini.

Inilah Laut Terdalam di Dunia

Berikut 5 Laut Terdalam di Dunia

Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah salah satu lautan terdalam yang ada di bumi, dengan memiliki rata-rata kedalaman mencapai 3.939 meter atai 3,9 km di bawah permukaan air laut. Dengan kedalaman tersebut manusia susah untuk menjangkaunya meski menggunakan kapal selam paling canggih sekalipun. Ini dikarenakan semakin ke bawah maka semakin besar tekanan yang dihasilkan. Tekanan tersebut dapat merusak kapal selam sekaligus yang menggunakan bahan keras seperti lapisan baja. Samudra Pasifik memiliki luas sekitar 169,2 juta kilometer persegi dan sekaligus menjadi lautan terbesar di bumi. Titik terdalam Samudra Pasifik adalah di Palung Mariana dengan kedalaman mencapai 10.911 meter di bawah permukaan laut.

Samudra Hindia

Laut terdalam di dunia berikutnya adalah Samudra Hindia. Samudra Hindia memiliki kedalaman mencapai 3.840 meter atau 3,8 km di bawah permukaan laut. Dengan kedalaman tersebut membuat Samudra Hindia menjadi laut terdalam kedua setelah Samudra Pasifik. Lautan ini termasuk sebagai lautan terhangat di dunia. Selain itu Samudra Hindia memiliki volume mencapai 292,13 ribu kilometer kubik.

Samudra Atlantik

Pada posisi yang ketiga adalah Samudra Atlantik. Samudra Atlantik memiliki kedalaman rata-rata mencapai 3.575 meter atau sekitar 3,5 km di bawah permukaan laut. Tidak hanya memiliki kedalaman mencapai ribuan meter, Samudra Atlantik juga memiliki luas sekitar 106,400 ribu kilometer persegi yang membuatnya sebagai lautan terbesar setelah samudra pasifik. Adapun titik paling dalam dari Samudra Atlantik ada di Palung Puerto Rico dengan kedalaman mencapai 8.605 meter di bawah permukaan laut.

Laut Karibia

Berikutnya adalah Laut Karibia yang mempunyai kedalaman rata-rata mencapai 2.575 meter di bawah permukaan laut. Laut ini menjadi salah satu laut pecahan dari Samudra Pasifik yang dikenal sebagai lautan paling dalam di dunia. Laut Karibia dikenal sebagai laut yang mengandung kadar garam paling besar dengan mempunyai luas mencapai 2.754.000 kilometer persegi. Adapun titik terdalam dari lautan ini adalah Cayman Way yang memiliki kedalaman mencapai 7.686 meter.

Laut Jepang

Yang kelima adalah laut Jepang dengan kedalaman mencapai 1.666 meter di bawah permukaan laut. Laut Jepang terkenal dengan karakteristik mirip dengan Laut Mediterania. Selain itu laut ini juga terhubung dengan beberapa selat dangkal seperti selan Kanmon, selat Korea, Selat Tsugaru, dan beberapa selat lainnya.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 5 laut terdalam di dunia yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Jenis ikan hias air laut yang indah.