Inilah Kue Tradisional dari Tepung Beras Paling Populer

By Categories : Makanan

Kue tradisional dari tepung beras memang cukup banyak macamnya. Anda dapat menemukan berbagai macam kue tradisional seperti kue basah yang menggunakan bahan dasar tepung beras di pasar-pasar tradisional dengan mudah. Tepung beras sendiri terdiri dari dua macam, yakni tepung beras putih dan tepung beras merah. Tepung beras putih biasanya digunakan sebagai pengganti tepung putih biasa. Umumnya digunakan untuk bahan dalam membuat kue tradisional khas Indonesia. Tepung beras putih terdiri dari dua jenis, yakni yang terbuat dari beras putih biasa dan beras ketan.

Sedangkan untuk tepung beras merah memiliki kandungan nilai gizi yang jauh lebih tinggi dibandingkan tepung beras putih. Tepung beras juga sering digunakan sebagai pengganti tepung gandum. Di negara Jepang tepung beras juga sering digunakan untuk membuat mie, sedangkan di Indonesia, tepung beras digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue tradisional. Kue tradisional dari tepung beras memang banyak yang menyukai. Hal ini tidak lepas dari kandungan dari tepung beras yang baik untuk kesehatan.

Tepung beras mengandung pati 80-85% serta protein, karbohidrat, mineral dan protein terutama di bagian aleuron. Selain itu, tepung beras juga mengandung energi sebesar 364 kilo kalori dan vitamin B1 sebesar 0,12 mg.

Kue Tradisional dari Tepung Beras

kue tradisional dari tepung beras

Tepung beras identik dengan bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue basah. Kue basah biasanya dihidangkan sabagai teman minum teh di pagi atau sore hari. Sehingga ini merupakan bahan makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Berikut aneka kue basah yang terbuat dari tepung beras.

Kue Pancong

Kue jenis ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Betawi dan menjadi kue khas Indonesia yang terbaut daru tepung beras. Kue pancong memiliki rasa yang sangat lezat, bahkan tidak sedikit yang menganggap kue pacong tidak kalah nikmat dengan kue-kue dari luar negeri yang biasa dihidangkan di hotel bintang lima. Bahan dasar untuk membuat kue basah ini juga cukup sederhana, yakni berupa tepung beras dan santan. Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkan tepung beras dan santan kemudian tuangkan dalam cetakan dan panggang. Setelah matang, beri taburan gula agar lebih gurih.

Klepon

Kue tradisional dari tepung beras selanjutnya adalah klepon. Klepon menjadi kue khas yang dapat dengan mudah dijumpai diberbagai pasar tradisional. Biasanya klepon dijual di atas daun pisang masih masih segar. Kue tradisional ini memiliki bentuk bulat dengan warna hijau dan terdapat taburan kelapa di atasnya. Bagian dalamnya terdapat gula jawa cair sehingga sangat lezat dan membuat orang ketagihan. Bentuknya yang bulat dan kecil sebesar kelereng membuat kue basah ini mudah untuk disantap.

Kue Putu

Kue basah yang satu ini digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue putu memiliki rasa yang khas dengan tekstur yang lembut. Bagian atasnya biasanya disajikan dengan taburan kelapa sehingga membuat rasanya menjadi lebih gurih. Selain tepung beras, bahan yang digunakan untuk membuat kue putu adalah tepung sagu, vanilla bubuk, gula merah, dan kelapa parut. Untuk membuatnya, campurkan tepung beras dan tepung sagu kemudian beri sedikit air sampai tepung berubah menjadi lembab. Cetak adonan setengah bagian dan isi bagian tengahnya dengan gula merah, kemudian tuangkan adonan lagi. Kukus cetakan tersebut pada panci dan diamkan hingga matang

Serabi Solo

Kue tradisional dari tepung beras selanjutnya adalah serabi solo. Kue yang memiliki bentuk bulat ini merupakan kue tradisional khas Jawa Tengah. Seperti namanya, kue ini sangat populer di kota Solo. Serabi solo terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Untuk memasaknya, adonan dari kedua bahan tersebut dimasak di atas wajan besi yang berbentuk cekung. Karena di masak di atas wajan maka bagian bawah dari serabi tersebut berwarna kecoklatan dan terasa renyah ketika dimakan. Untuk bagian atasnya memiliki tekstur yang lembut dengan taburan meises atau potongan pisang. Serabi solo sangat nikmat dikonsumsi selagi hangat.

Putri Selat

Putri selat merupakan kue tradisional khas daerah Sumatera. Bentuk kue putri selat ini sangat menarik karena identik dengan warna-warna yang cerah. Makanan khas Indonesia ini bahkan tidak kalah dengan makanan-makanan penutup dari hotel bintang lima. Biasanya kue basah ini memiliki warna hijau cerah yang berasal dari daun pandan. Rasa dari putri selat sangat manis karena perpaduan santan dan gula pasir. Seperti halnya kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, putri solo memiliki tekstur yang lembut dan cenderung kenyal. Dalam penyajiannya biasanya bagian atas kue diberi potongan daun pandan agar lebih cantik.

baca juga : bahan makanan yang mengandung karbohidrat

Itulah beberapa kue tradisional dari tepung beras yang cukup popoler di Indonesia.

Loading...
terms: kue tradisional