Inilah Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contohnya

By Categories : Pendidikan

Pada pembahasan artikel kali ini kita akan mengulas mengenai komponen biotik dan abiotik beserta contohnya. Mungkin hal ini sudah pernah kita pelajari ketika duduk dibangku sekolah dulu pada pelajaran biologi. Nah kali ini mari kita kembali mengingat mengenai komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik atau yang sering sisebut dengan komponen tidak hidup adalah komponen fisik dan kimia yang merupakan tempat berlangsungnya kehidupan.  Dalam komponen abiotik sebagian besar komponen ini bervariasi dalam ruang dan waktunya. Untuk contoh komponen abiotik diantaranya adalah sebagai berikut:

Komponen Biotik dan Abiotik

Ketahuilah Komponen Biotik dan Abiotik Berikut Ini

  • Udara : sekumpulan gas yang membentuk atmosfer dan menyelimuti bumi. Baca juga teori periode evolusi bumi.
  • Tanah : merupaakn batuan yang telah lapuk dan beracun dengan air dan udara.
  • Sinar matahari : merupakan sumber energi yang sangat penting dalam kehidupan mahluk di dunia. Cahaya matahari ini dibutuhkan oleh tumbuhan untuk fotosintensis dan untuk menghasilkan makanan.
  • Air : air yang terdapat di permukaan bumi ini memang sangat bermanfaat untuk komponen biotik atau mahluk hidup.

Sedangkan untuk lingkungan biotik adalah komponen yang hidup atau organisme. Komponen biotik merupakan komponen yang berfungsi untuk menysusun suatu ekosistem selain dari komponenn abiotik atau tidak hidup. Contoh lingkungan biotik sendiri yaitu tumbuhan, hewan dan manusia. Di dalam komponenn ini jika dilihat dari fungsinya, dapat dibedakan menjadi dua diantaranya adalah sebagai berikut yaitu :

  • Haterotrof atau konsumen : komponen yang terdiri dari organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik. Contohnya manusia, hewan, jamur, dan mikroba
  • Pengurai atau dekomposer : organisme yang dapat menguraikan bahan organik dan organisme yang sudah mati. Contohnya  kutu kayu. Dekomposer sendiri memiliki beberapa tipe diantaranya yaitu aerobik , anaerobik, fermentasi.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian mengenai komponen biotik dan abiotik beserta contohnya yang dapat Anda ketahui. Selain dari pada itu, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai ketergantungan yang terjadi antara komponen biotik dan abiotik diantaranya sebagai berikut.

Antar komponen biotik
Komponen biotik ini memiliki ketergantungan melalui proses rantai makanan atau proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Dan jaringan-jaringan makanan atau rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Antar komponen biotik dan abiotik
Proses ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik ini terjadi dengan cara melalui siklus materi seperti diantaranya siklus karbon, air nitorgen dan sulfur. Dari semua siklus tersebut berfungsi untuk mencegah suatu bentuk materi menumpuk dalam suatu tempat.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai komponen abiotik dan biotik beserta contohnya yang dapat Anda ketahui.

Baca juga artikel terkait lainnya Ciri- ciri dan Klasifikasi Tumbuhan Paku.