Inilah Khasiat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Rumput laut atau yang sering disebut dengan gulma laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah laut ataupun pesisir. Konon katanya, tumbuhan yang satu ini merupakan obat serta makanan dari abad ke-16 bagi bangsa Mesoamericans dan Aztec. Hingga saat ini pun rumput laut masih dimanfaatkan sebagai bahan makanan dengan cara dibudidayakan oleh para petani rumput laut. Akan tetapi belum semua orang mengetahui apa saja manfaat dari rumput laut. Dikatakan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena rumput laut kaya akan nutrisi dan vitamin lainnya. Berikut adalah kandungan nutrisi dari rumput laut.

Khasiat Rumput Laut

Kandungan vitamin dan nutrisi rumput laut

  • Vitamin K
  • Asam lemak omega 3
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Yodium
  • Serat alami

Setelah mengetahui kandungan vitamin dan nutrisinya, berikut adalah khasiat rumput laut untuk kesehatan tubuh.

Manfaat rumput laut untuk kesehatan

Mengurangi resiko hipertensi
Khasiat rumput laut yang pertama adalah untuk mengurangi resiko hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti serangan jantung serta stroke. Seperti yang Anda ketahui salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi yodium atau garam. Oleh karena itu, Anda dapat mengubah garam dapur Anda dengan butiran esktrak rumput laut. Kandungan yodium pada rumput laut lebih sehat dibandingkan dengan garam dapur lainnya.

Kaya akan serta
Selain buah dan sayur, rumput laut juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat. Jika dikonsumsi secara teratur, rumput laut akan berubah menjadi gel yang akan membantu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar pastinya akan mengurangi tumpukan kolesterol pada perut, sehingga perut akan lebih rata dan tidak buncit. Selain itu, pencernaan yang lancar juga dapat mengurangi resiko seseorang terserang kanker usus besar.

Mencegah anemia
Khasiat rumput laut selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Anemia atau kurang darah akan menyebabkan seseorang menjadi lemas, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas. Tak hanya itu saja, seseorang yang menderita anemia pada umumnya memiliki kulit yang pucat karena suplai darah merah pada tubuh berkurang. Jika tidak segera diatasi, hal ini dapat menyebabkan hal yang fatal. Selain mengonsumsi suplemen dan makanan penambah darah, Anda dapat mengonsumsi rumput laut. Kandungan zat besi pada tumbuhan tersebut dapat membantu Anda mengobati anemia.

Mencegah osteoporosis
Osteopororis adalah penyakit yang menyerang pada tulang. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan lemah. Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini adalah kurangnya kalsium dalam tubuh. Selain susu, Anda dapat menemukan sumber kalsium terbaik pada rumput laut. Kalsium berfungsi untuk menjaga tulang dan gigi agar lebih kuat.

Nah itulah beberapa khasiat rumput laut untuk kesehatan.

Loading...