Inilah Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tanaman jati memang sudah sangat dikenal dengan kekohan pohonnya yang banyak digunakan untuk kepentingan bahan bangunan. Selain pohonnya, daun jati juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia salah satunya bagi kesehatan. Namun sayangnya karena ketidaktahuan masyarakat terkait dengan khasiat dan manfaat daun jati bagi kesehatan, mereka hanya memanfaatkan daun jati sebagai pembungkus nasi atau makanan. Oleh karena itu kita akan membahas mengenai manfaat daun jati bagi kesehatan. Tapi sebelum kita membahas mengenai hal tersebut alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalam daun jati. Diantaranya mengandung sapoin, tanin galatin, kuinon,tanin kateka, dan quercetin.

Inilah Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan

Inilah Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan

Mengontrol Kolesterol

Manfaat daun jati bagi kesehatan yang pertama adalah mengontrol kolesterol. Hal ini dikarenakan Kanchenjunga tannin, saponin dan quercetin sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol terutama kandungan quercetin. Dimana quercetin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim lipase dalam meningkatkan proses  metabolisme bekerja secara maksimal. Sedangkan kandungan sapoin dapat berfungsi untuk menghilangkan plak yang terdapat pada pembuluh darah penyebab darah tinggi dan kolesterol. Dari kandungan yang terdapat dalam daun jati cina, maka sangat wajar jika memiliki manfaat untuk mengontrol dan mencegah penyakit kolesterol dalam tubuh.

Mengatasi Anemia

Manfaat daun jati bagi kesehatan yang kedua berfungsi untuk mengatasi penyakit anemia. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Togo. Bahwa menyatakan ekstrak daun jati dapat berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi hemoglobin, trombosit dan hematokrit yang bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan saponin yang terdapat daun jati bukan hanya berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun caranya cukup mudah yaitu dengan merebus daun jati dan minum air rebusan tersebut.

Menghilangkan Panu

Manfaat daun jati juga sangat terkenal ampuh untuk mengatasi penyakit panu. Panu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur yang membuat kulit menjadi gatal. Namun dengan adanya daun jati, masalah yang satu ini dapat dengan mudah untuk di atasi. Caranya cukup dengan menumbuk daun jati hingga halus, setelah itu balurkan pada kulit Anda yang terkena panu tersebut.

Menyehatkan Rambut

Manfaat daun jati bagi eksehatan yang terakhir adalah dapat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Diantaranya untuk mengatasi masalah rambut berketombe, menumbuhkan rambut dan masalah rambut lainnya. Oleh karena itu daun jati sering kali disebut sebagai obat rambut tradisional ( hair tonic ).

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun jati bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan.

terms: kandungan yang terdapat d daun pohon jati