Inilah Keuntungan Menjadi Vegetarian

By Categories : Kesehatan

Untuk mendapatkan tubuh sehat diperlukan menjaga pola makan, menjaga pola hidup dengan tidak merokok dan minum-minuman beralkohol, serta rajin berolahraga. Selain itu sebenarnya terdapat cara dengan cara mengganti menu makanan vegetarian. Untuk menjadi seorang vegetarian memiliki banyak manfaat yang bisa diambil.

Seorang vegetarian cenderung hanya mengonsumsi buah-buahan, dan sayuran-sayuran dan menghindari makanan yang berdaging. Faktanya meskipun menghindari sumber makanan hewani seperti daging, seorang vegetarian tetap memperoleh berbagai manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja sebenarnya keuntungan menjadi vegetarian? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Inilah Keuntungan Menjadi Vegetarian

Beberapa Keuntungan Menjadi Vegetarian

Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University bahwa sekitar 38.000 orang dewasa yang mengonsumsi sumber makanan hewani seperti daging memiliki masa tubuh lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka sebagai vegetarian. Di sisi lain kenaikan berat badan seorang vegetarian lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak vegetarian. Ini dikarenakan sumber makanan nabati mengandung antioksidan dan juga serat yang cukup tinggi. Selain itu sumber makanan tersebut mampu membantu menurunkan berat badan tentunya mengimbangi dengan berolahraga.

Terhindar dari Bahaya Racun

Keuntungan menjadi vegetarian yang kedua adalah terhindar dari bahaya racun yang dapat menyebabkan penyakit. Terdapat berbagai penelitian yang dilakukan dengan membandingkan mereka yang mengonsumsi daging dengan seorang vegetarian. Uniknya bagi mereka vegetarian dapat mengurangi resiko dari penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Selain itu penelitian lainnya juga mengatakan bahwa seorang vegetarian dapat mengurangi resiko dari penyakit seperti kanker, usus, dan juga rahim.

Mampu Meningkatkan Kualitas Hidup

Keuntungan menjadi vegetarian berikutnya adalah meningkatkan kualitas dan harapan hidup pada seseorang yang mengonsumsi sumber makanan nabati seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Health Psychology, menyatakan bahwa dengan mengonsumsi sayuran dapat memperoleh jumlah energi, rasa bahagia, serta manfaat positif lainnya bagi tubuh. Dengan tubuh serta pikiran sehat, membuat orang tersebut memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Mendapatkan Kulit Lebih Muda

Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa sayuran serta buah-buahan mengandung antioksidan dan berbagai vitamin di dalamnya. Vitamin dan antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk terhidar dari penyakit. Selain dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit tampak lebih awet muda dan cantik. Mineral serta antioksidan mampu membantu melancarkan sirkulasi dalam darah. Zat seperti AGEs muncul pada makanan yang dimasak terlalu lama dengan suhu yang tinggi. Untuk itu bagi seorang vegetarian sebaiknya jangan memasak terlalu lama dengan suhu yang tinggi. Zat tersebut yang menyebab penuaan dini, kulit cepat keriput, dan penumpukan lemak pada perut.

Itulah tadi beberapa keuntungan menjadi vegetarian yang bisa Anda ketahui. Tidak selamanya menjadi seorang vegetarian mendapatkan efek buruk, melainkan memiliki banyak dampak positif salah satunya adalah kesehatan jantung.

Baca juga Jenis makanan vegetarian.

Loading...