Inilah Keunggulan dan Kelebihan Genteng Metal Pasir

By Categories : Umum

Setiap rumah tentu saja membutuhkan genteng sebagai penutup pada bagian atasnya. Genteng merupakan salah satu jenis penutup atap yang populer ditemui pada bangunan-bangunan. Bahan genteng pun bermacam-macam. Ada yang dari tanah liat, beton, keramik hingga metal. Kali ini akan menjelaskan tentang genteng metal pasir.

Genteng Metal Pasir

Genteng metal adalah salah satu genteng yang terbuat dari campuran bahan-bahan logam, seperti galvanis, baja ringan dan juga zincalume. Jika dibandingkan dengan genteng lainnya, genteng metal berpasir memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun bergitu, jenis genteng yang satu ini juga memiliki beberapa kelebihan,  penasaran kan? Nah berikut adalah keunggulan dan kelebihan genteng metal pasir.

Beberapa kelebihan penggunaan genteng metal berpasir

Pemasangannya mudah dan cepat

Genteng metal memang sudah dirancang agar pemasangannya mudah dengan waktu yang relatif cepat. Cara memasang genteng metal pun sangat mudah, yaitu hanya tinggal menghamparkannya secara teratur di atas rangka atap. Setelah itu Anda bisa memasang beberapa sekrup agar genteng kuat dan benar. Tak hanya itu saja, genteng metal juga diklaim sangat baik dalam menahan hembusan angin yang sangat kencang.

Memiliki daya tahan yang tinggi

Jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya, genteng ini memiliki daya tahan yang tinggi. Genteng metal memiliki sifat anti jamur, anti rayap, anti pecah dan juga anti lapuk. Dengan karakteristik yang seperti itu, tentu saja genteng ini dapat digunakan hingga berpuluh-puluh tahun tanpa perawatan.

Bersifat ramah lingkungan

Kelebihan genteng metal pasir selanjutnya adalah bersifat ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan genteng ini  terbuat dari bahan-bahan daur ulang yang mencapai 60%. Teknologi dalam pembuatan genteng metal juga sangat efisien.

Memiliki bobot yang ringan

Berikutnya adalah memiliki bobit yang sangat ringan. Jika dibandingkan dengan genteng dari tanah liat, genteng metal tentu saja lebih praktis. Rata-rata berat susunan genteng metal yang membentuk luas 1 meter adalah 7 kg. Genteng ini merupakan pilihan terbaik untuk dareah-daerah yang rawan gempa.

Tersedia pilihan yang beragam

Genteng metal  dapat diaplikasikan di rumah-rumah yang berdesain modern, rumah minimalis hingga rumah tradisional. Ini karena genteng ini tersedia pilihan yang beragam, mulai dari warna yang menarik hingga ukuran.

Dapat ditopang dengan rangka sederhana

Kelebihan berikutnya adalah genteng metal dapat ditopang dengan rangka sederhana. Bobotnya yang sangat ringan membuat genteng ini tidak terlalu membutuhkan rangka atap yang rumit. Biasanya genteng metal dipasang dengan menggunakan penyangga yang terbuat dari baja ringan. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakan rangka dari kayu. Selain dapat menghemat pengeluaran,  rangka kayu tentu saja dapat mempercantik tampilan rumah Anda.

Nah itulah beberapa keunggulan dan kelebihan genteng metal pasir yang perlu diketahui.

Baca juga tips memilih dekorasi rumah minimalis.

Loading...