Inilah Gejala Kanker Otak Paling Umum

By Categories : Kesehatan

Hingga saat ini, kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Ini dikarenakan kanker seringkali tidak memiliki gejala-gejala yang pasti mengenai keadaannya. Gejala kanker akan dapat terlihat jika penderitanya sudah memasuki stadium lanjut. Seseorang yang mengidap kanker stadium lanjut tentu saja sangat sulit untuk diatasi. Selain kanker serviks dan kanker lainnya, kanker otak juga merupakan salah satu penyakit yang membahayakan. Kanker pada otak juga tidak dapat dikenali pada awal pertumbuhannya.

Inilah Gejala Kanker Otak Paling Umum

Namun Anda jangan khawatir, studi yang dilakukan Departement Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University di Bangladesh telah menemukan terdapat beberapa ciri-ciri atau gejala kanker otak yang harus diwaspadai. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Beberapa gejala kanker otak stadium awal

Sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala paling umum yang sering dialami para penderita kanker otak. Menurut Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiologi divisi Neuroradiology di rumah sakit anak Miami menyatakan bahwa, sakit kepala yang dialami penderita kanker otak memiliki ciri-ciri seperti sakit kepala ini baru bagi Anda, sakit kepala ditandai dengan gejala lain seperti mual, muntah dan pusing, sakit kepala yang terjadi di pagi hari, serta sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus.

Gangguan penglihatan

46% dari penderita kanker otak mengalami gangguan penglihatan. Ini disebabkan karena saraf mata terganggu akibat tumor otak. Beberapa gangguan mata yang sering dialami adalah penglihatan kabur, hanya dapat melihat lurus ke depan, hilangnya kemampuan membaca dan lainnya.

Kejang-kejang

Gejala kanker otak selanjutnya adalah kejang-kejang. Kejang yang terjadi akibat aktifitas listrik abnormal pada otak. Pada keadaan normal, sel-sel saraf tubuh akan berkomunikasi satu sama lain dengan hati-hati. Akan tetapi jika mengalami gangguan, sinyal-sinyal tersebut akan menjadi lebih intens dan cenderung menjadi kejang. Cukup banyak orang yang mengalami hal ini, setidaknya 21 orang dari 50 penderita kanker otak.

Kesulitan menggerakan tubuh

Berikutnya adalah mengalami kesulitan saat bergerak. 42% dari penderita penyakit ini mengalami kesulitan menggerakkan tubuh. Hal ini dikarenakan tumor pada otak membatasi fungsi otak secara normal. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya akan mengalami kesulitan bergerak di salah satu sisi tubuhnya, kehilangan keseimbangan saat berjalan, sulit berkoordinasi ketika bergerak serta sering tersandung saat bergerak.

Muntah-muntah

Hampir 52% penderita kanker otak mengalami gejala muntah-muntah. Muntah-muntah yang terjadi pun biasanya diikuti oleh sakit kepala. Ciri-ciri muntah karena kanker otak antara lain cairan muntah berwarna kehijauan dan tidak normal, diikuti dengan sakit kepala serta terjadi secara tiba-tiba. Muntah-muntah terjadi karena adanya saraf yang terganggu akibat tumor ganas yang ada di otak.

Nah itulah beberapa gejala kanker otak yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Gejala kanker pada anak.