Inilah Gejala Batu Empedu dan Pengobatannya

By Categories : Kesehatan

Batu empedu atau cholelithiasis adalah suatu penyakit  yang menyebabkan cairan empedu mengeras di dalam kantong empedu. Jika dibandingkan dengan penyakit lainnya, penyakit ini cukup unik karena penderita tidak merasakan gejala apa-apa pada ahap awal perkembangan penyakit ini. Seperti yang kita ketahui, batu empedu yang masih kecil dengan posisinya yang masih diam di tempat memang tidak menimbulkan gejala dan rasa sakit.

Akan tetapi jika ukurannya sudah mulai membesar, tentu saja penyakit ini dapat membuat penderita mulai merasakan hal yang tidak nyaman pada tubuhnya. Batu empedu hanya dapat dilihat setelah penderita melakukan pemerikasaan USG, sinar X, pembedahan dan otopsi.

Inilah Gejala Batu Empedu dan Pengobatannya

Pembentukan batu empedu sendiri dapat terjadi bila empedu mengandung banyak bilirubin, kolesterol serta kurangnya garam empedu. Pada perempuan kadar esterogen yang tinggi juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi pada empedu. Selain itu, faktor keturunan, kondisi kesehatan tertentu, kurang serat, memiliki riwayat diabetes serta obesitas juga merupakan faktor utama dari penyakit ini.

Mengingat batu empedu tidak dapat dilihat secara kasat mata, tentu saja sangat penting mengetahui gejala batu empedu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu apa saja gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Gejala batu empedu dan cara mengatasinya

Sakit perut

Gejala utama dari gejala batu empedu ketika sudah mengalami pembesaran adalah rasa sakit pada perut yang tiba-tiba, penderita batu empedu biasanya akan mengalami sakit perut 1-5 jam (meskipun kadang ada yang hanya beberapa menit). Sakit perut yang dirasakan biasanya terjadi dibagian tengah perut, yaitu antara tulang dada dan ulu hati. Batu empedu juga merupakan penyebab sakit pinggang sebelah kanan, yang pada akhirnya rasa sakit tersebut akan menjalar ke punggung.

Gejala dari batu empedu lainnya

Jika batu empedu sampai menghalangi aliran empedu atau pindah ke organ lain, seperti usus kecil ataupun pankreas, maka akan menimbulkan gejala seperti berikut ini:

  • Mata dan kulit menguning
  • Demam tinggi
  • Sakit perut
  • Menggingil
  • Diare
  • Tidak nafsu makan

Pengobatan dan pencegahan batu empedu

Pada umumnya pengobatan batu empedu dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat tradisonal batu empedu, akan tetapi jika tidak memungkinkan maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pembedahan atau operasi. Akan tetapi, penanangan non bedah juga dapat Anda lakukan, seperti melakukan terapi untuk melarutkan batu empedu jika ukurannya masih kecil.

Untuk mencegah batu empedu datang lagi, Anda juga harus menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan batu empedu, yaitu diet ketat, mengonsumsi makanan berlemak tinggi, kurang memenuhi asupan serat dalam setiap harinya.

Nah itulah beberapa gejala batu empedu dan pengobatannya. Baca juga artikel lainnya

Loading...