Inilah Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Asam lambung atau yang biasa disebut dengan Gastro Esophagel Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu penyakit umum yang cukup sering diderita banyak orang. Penyakit ini terjadi karena kandungan asam yang berada di dalam lambung mengalami peningkatan  dari kadar kandungan asam lambung yang normal.

asam lambung naik

Pada umumnya asam lambung normal harusnya berada pada level keasaaman 1.5 hingga 3.5 ph.  Dan jika kadar asam lambung naik tentu saja ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat mengganggu kondisi penderita. Sebelum membahas mengenai gejala asam lambung yang naik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi dari asam lambung itu sendiri.

Beberapa fungsi asam lambung adalah untuk melawan dan membunuh bakteri penyebab penyakit yang masuk ke dalam lambung, membantu pembentukan protein enzim pencernaan pada lambung serta berfungsi untuk menstabilkan kadar gula. Lantas apa saja gejala ketika asam lambung mengalami peningkatan? Berikut ulasannya.

Mengenal gejala asam lambung naik

Perut terasa perih dan nyeri

Sebenarnya, gejala umum asam lambung hampir mirip dengan sakit maag yaitu ditandai dengan nyeri dan perih pada bagian perut. Namun yang membedakan adalah rasa nyeri akibat asam lambung biasanya akan muncul ketika Anda mengonsumsi makanan yang menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan asam, pedas dan lainnya.

Dada terasa terbakar

Ketika asam lambung mengalami peningkatan, asam lambung tersebut akan naik dari lambung menuju ke kerongkongan. Hal inilah yang menyebabkan daerah yang dilalui asam lambung memiliki efek panas seperti terbakar. Biasanya daerah yang dilewati asam lambung adalah bagian rongga dada dan juga dada.

Bersendawa

Gejala asam lambung naik selanjutnya adalah bersendawa. Biasanya hal ini terjadi setelah asam lambung sudah naik ke kerongkongan hingga mulut. Sendawa juga akan sering muncul dan berulang-ulang dan terkadang gejala ini akan dibarengi dengan rasa ingin muntah.

Perut kembung dan terasa mual

Efek lanjutan dari hal ini adalah perut akan terasa kembung dan mual. Rasa nyeri dan perih pada bagian lambung ini akan membuat Anda seolah-olah merasa bahwa lambung terasa begah dan kembung. Selain itu, mual yang Anda alami biasanya akan dirasakan setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Nyeri tenggorokan

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dan tenggorokan dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada kedua daerah tersebut. Meskipun tidak menyebabkan merusak pita suata, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada kerongkongan dan tenggorokan, suara serak serta sakit ketika menelan makanan. Hal ini pada umumnya hampir sama seperti radang tenggorokan.

Mengobati asam lambung

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam lambung secara alami dan herbal. Berikut di antaranya.

  • Dengan menggunakan cincau

Mengobati asam lambung secara alami dapat Anda lakukan dengan menggunakan cincau. Caranya adalah dengan dimakan secara langsung. Cincau tersebut berasal dari daun cincau yang sudah diproses. Anda dapat mengonsumsi cincau tersebut secara rutin dan teratur. Daun cincau sangat cocok untuk menyembuhkan asam lambung karena tidak memiliki efek samping.

  • Dengan menggunakan bawang putih

Salah satu cara mengobati asam lambung adalah  dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah bersihkan bawang putih kemudian tumbuk bawang putih tersebut dan campurkan ke dalam air hangat. Anda dapat meminum ramuan bawang putih tersebut secara rutin karena tidak menimbulkan efek samping.

  • Dengan menggunakan kunyit

Mengobatiu asam lambung dengan cepat dapat dilakukan dengan menggunakan kunyit. Fungsi utama dari kunyit adalah mengobati luka dan beberapa penyakit di dalam tubuh. Kunyit mengandung antiflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka dan sebagai penghilang rasa sakit. Kunyot putih dan kuning memiliki kandungan anflamasi yang sama sehingga dapat digunakan untuk mengobati asam lambung dengan cepat.

  • Dengan menggunakan jahe

Anda juga dapat mengobati asam lambung secara herbal dengan menggunakan jahe. Anda dapat menggunakan jahe yang direbus kemudian diminum untuk mengurangi rasa sakit di perut dan dada. Untuk berjaga-jaga, Anda dapar menyediakan jahe lebih banyak di rumah untuk mengantisipasi kadar asam lambung naik.

  • Dengan menggunakan lidah buaya

Jika terjadi gejala asam lambung, Anda dapat langsung mengonsumsi ramuan lidah buaya. Lidah buaya mampu mendinginkan perut, karena perut akan terasa panas jika asam lambung naik. Anda disarankan untuk memiliki timbuhan lidah buaya di rumah karena mampu mengatasi asam lambung dengan cepat.

  • Dengan menggunakan madu

Madu asli atau organik memiliki manfaat yang jauh lebih bagus. Madu asli dapat digunakan untuk mengobati asam lambung secara cepat. Anda dapat mengonsumsi madu sebanyak 2 sendok makan jika asam lambung naik.

Nah itulah beberapa gejala asam lambung naik. Untuk mencegah asam lambung kembali naik, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Mulai dari mengatur pola makan, berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung serta memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Loading...