Inilah Fakta Unik dan Mengerikan Ikan Hiu Megalodon

By Categories : Umum

Megalodon adalah ikan hiu purba yang memiliki ukuran sangat besar. Ikan hiu yang memilki nama Carcharodon megalodon  ini diperkirakan memiliki panjang antara 14 sampai 18 meter dengan gigi runcing yang berdiameter 120 milimeter. Ikan hiu ini diperkirakan hidup sekitar 28 sampai 1,5 juta tahun yang lalu.

Ikan Hiu Megalodon

Meskipun ikan ini tidak pernah menampakkan diri, para ahli percaya bahwa ikan hiu ini masih hidup sampai sekarang ini. Jika dibandingkan dengan ikan hiu paus (whale shark), yang merupakan ikan terbesar di dunia, ikan hiu megalodon memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ikan tersebut. Nah berikut adalah fakta unik dan mengerikan hiu megalodon.

Fakta mengerikan ikan hiu megalodon

Hiu terbesar sepanjang sejarah

Fakta yang pertama adalah sebagai ikan hiu terbesar sepanjang sejarah. Seperti yang Anda ketahui ikan hiu ini memiliki panjang hingga 18 meter. Tak cukup sampai disitu saja, hiu megalodon juga memiliki ukuran satu gigi sebesar ukuran tangan orang dewasa. Maka jangan heran jika ikan yang memakan ikan paus, penyu, lumba-lumba ini dinobatkan sebagai ikan hiu terbesar sepanjang sejarah.

Memiliki arti nama monster hiu

Nama megalodon sendiri pertama kali muncul setelah seorang pakar dari Swiss yang bernama Louis Agassiz telah berhasil mengidentifikasinya pada tahun 1835 yang lalu. Nama latin dari hiu megalodon adalah Carcharodon megalodon yang memiliki arti monster hiu. Hal ini tentu saja pas, mengingat ukuran dari ikan hiu ini sangatlah besar dan panjang.

Memiliki gigitan paling kuat sepanjang sejarah

Fakta unik dan mengerikan ikan hiu megalodon selanjutnya adalah ikan ini memiliki gigitan terkuat sepanjang sejarah. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dua ilmuan yang melakukan percobaan. Hasilnya adalah gigitan hiu megalodon adalah gigitan terkuat. Dalam sekali gigitan ikan hiu ini mampu menggigit mangsangya hingga 19 ton. Sedangkan ikan hiu putih hanya dapat mencakup gigitan hingga 1,8 sampai 2 ton saja.

Predator paling ditakuti

Berikutnya adalah sebagai predator yang paling ditakuti. Tentu saja, karena hiu ini sangatlah besar dan memiliki gigitan paling kuat dalam memangsa mangsanya. Menurut penelitian ikan hiu ini juga seringkali memakan ikan paus biru dan leviathan sebagai makanannya. Gaya berburu yang sering dilakukan oleh ikan ini adalah menyerang pada bagian sirip, perut ataupun ekor. Serangan tersebut bertujuan untuk melemahkan musuhnya.

Diperkiran masih hidup

Ikan purba yang disebut-sebut telah punah  saat ini diperkiran masih hidup. Ada banyak sekali teori yang mengatakan bahwa ikan hiu ini punah pada puncak zaman es. Namun ada juga yang mengatakan bahwa ikan paling mengerikan di dunia ini masih hidup di pedalaman laut. Salah satu rekaman yang diambil pada tahun 2015 dari Palung Mariana, palung terdalam di dunia memperlihatkan makhluk purba tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai fakta unik dan mengerikan ikan hiu megalodon.

Baca juga fakta menarik operasi plastik di Korea.

terms: fakta megalodon, fakta unik megalodon