Inilah Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

By Categories : Makanan

Aroma bau mulut yang tidak sedap tentunya sangat mengganggu ketika kita sedang berbicara dengan orang lain. Saking tidak kuatnya dengan bau mulut tersebut bisa-bisa seseorang yang Anda ajak bicara akan menjauhi Anda karena perasaan tidak nyaman saat di dekat Anda. Hal ini tentunya hal yang sangat memalukan yang harus segera diatasi. Pada umumnya ada beberapa penyebab tersebut, seperti gigi berlubang, malas membersihkan gigi, adanya infeksi pada gusi, adanya plak yang menempel pada gigi atau makanan yang Anda konsumsi.

Selain masalah internal pada gigi, makanan merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut yang harus Anda ketahui. Sebenarnya ada beberapa makanan penyebab bau mulut, yaitu jengkol, petai, bawang merah, bawang putih dan durian. Namun tak hanya itu saja. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar makanan penyebab bau mulut.

Inilah Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

Makanan penyebab bau mulut yang wajib Anda ketahui

Telur

Makanan penyebab bau mulut yang pertama adalah telur. Meskipun memiliki efek yang baik untuk kesehatan, telur juga memiliki dampak yang buruk terhadap bau mulut Anda. Kandungan protein dalam telur jika tercampur dengan cairan asam yang ada di saluran pencernaan dapat membuat protein melepaskan senyawa yaitu bau yang tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut dapat keluar kembali pada rongga mulut ataupun saat buang gas.

Daging merah

Makanan yang dapat menyebabkan bau mulut selanjutnya adalah daging merah. Seperti yang Anda ketahui daging merah merupakan salah satu makanan yang sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar saat Anda mengonsumsi daging merah, tubuh akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain dapat membuat bau mulut yang tidak sedap, daging merah juga dapat menyebabkan aroma tubuh seseorang menjadi tidak enak.

Junk food

Makanan penyebab bau mulut selanjutnya adalah junk food atau makanan instan. Selain memiliki efek buruk pada kesehatan, junk food juga dapat menyebabkan masalah lainnya yaitu bau mulut yang tidak sedap. Mengapa demikian? Karena junk food mengandung lemak jahat yang sangat susah dicerna oleh tubuh. Sehingga hal tersebut akan membusuk di dalam usus dan dapat menyebabkan bau badan serta bau mulut.

Alkohol

Sama halnya dengan junk food, alkohol juga merupakan makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, alkohol juga dapat membuat bau mulut seseorang menjadi bau dan tidak sedap. Selain itu, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan tubuh menjadi panas dan mudah berkeringat. Keringat inilah yang dapat menyebabkan bau badan.

Nah itulah beberapa makanan penyebab bau mulut. Untuk mengatasinya, selain rutin membersihkan gigi dan mulut Anda juga harus mengurangi atau menghindari makanan makanan tersebut. Baca juga artikel terkait Cara mudah menghilangkan bau mulut saat puasa.