Inilah Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Indonesia

By Categories : Umum

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya, termasuk pula dengan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Kerajinan dari Indonesia memang sudah dikenal seantero dunia. Bisa dibilang setiap daerah yang ada di Indonesia tentu memiliki kerajinan tangan yang berbeda-beda. Nah ingin tahu daerah penghasil kerajinan tangan Indonesia? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Kerajinan Keramik

Daerah Penghasil Kerajinan Tangan

Kerajinan Keramik 

Kerajinan tangan Indonesia yang pertama adalah kerajinan keramik. Untuk jenis kerajianan tangan yang satu ini bisa dibilang setiap daerah di Indonesia ada, seperti Bali, Purwakerto, Jogjakarta dan Bnjarnegara. Namun untuk daerah kerajinan tangan keramik ini pertama kali dikenal yaitu di Desa Sakok, Singkawang, Kalimantan Barat. Menurut asal mula kerajinan tangan keramik ini berasal dari negeri Tiongkok. Tapi dengan adanya keahlian dari tangan terampil para penduduk desa Sakok. Kini kerajinan keramik sudah mulai dikenal di daerah tersebut dan kualitasnya pun tidak jauh bagusnya dengan kerajinan tangan keramik dari negara Tiongkok.

Ukir Kayu

Kerajinan tangan Indonesia yang kedua adalah ukir kayu yang berasal daroi daerah Jepara. Ukir kayu merupakan kerajinan khas dan asli Indonesia yang tepatnya berasal dari daerah atau kota Jepara. Kerajinan tangan ukir kayu ini banyak sekali macamnya dari mulai berbentuk patung, kaligrafi, ukiran relief dan funitur. Kini kerajinan tangan ukir kayu bukan hanya terkenal di daerah lokal saja, melainkan telah menembus pasaran ekspor hingga ke Eropa. Ukiran kayu ini biasanya tidak dijual sendiri melainkan sebuah produk lain dengan ukiran kayu sebagai tema utamanya, misalnya meja, kursi, pintu, jendela, hingga tiang rumah. Dan biasanya perabot dengan sentuhan ukiran kayu memiliki harga yang lebih mahal.

Batik 

Kerajinan tangan Indonesia yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda kan? Kerajinan tangan ini merupakan kerajinan asli Indonesia yang memang banyak terdapat di berbagai daerah di indonesia. Adapun daerah yang sangat terkenal dengan kerajinan tangan batik ini diantaranya adalah Pekalongan, Solo, Yogyakarta dan masih banyak lagi lainnya. Dari setiap daerah tersebut memiliki batik dengan ciri khas sendiri-sendiri sesuai dengan daerah masing-masing.

Saat ini batik identik dengan pakaian tradisional. Ada banyak produk fashion yang dibuat dengan bahan dasar batik, seperti kemeja, dress, tas, sepatu, dan lainnya. Bahkan, sejak 2009 lalu, beberapa kantor pemerintah dan swasta menetapkan hari Jumat adalah hari yang diwajibkan menggunakan pakaian batik saat ke kantor.

Kerajinan Kulit

Jombang, Jawa Timur merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat dikenal dengan kerajinan tangan kulit. Berbagai macam varian produk dapat dihasilkan, diantaranya seperti tas, sabuk, sepatu, sandal dan masih banyak lagi lainnya. Kerajinan tangan kulit ini sama seperti dengan kerajinan tangan lainnya. Dimana telah berhasil menembus pasaran ekspor hingga di Amerika, Eropa, Malayasia dan di negara maju lainnya.

Nah itulah beberapa daerah penghasil kerajinan tangan Indonesia. Memang menjadi sebuah kebanggan tersendiri dengan kerajinan tangan Indonesia yang sekarang ini telah mendunia dan mengharumkan nama Indonesia di pentas indusri kerajinan internasional. Maka sekarang ini tinggal kita generasi muda harus sepatutnya untuk dapat meneruskan hasil-hasil kerajinan tersebut. Baca juga artikel terkait lainnya Aneka Kerajinan Tangan Kertas Paling Unik.

Kerajinan Boneka Wayang

Kerajinan ini berbentuk boneka yang bisanya digunakan untuk pertunjukan. Boneka wayang sangat populer di wilayah Jawa dan Bali dan umumnya digunakan sebagai pertunjukan tradisional. Namun seiring berjalannya waktu, boneka wayang mulai mendapatkan sentuhan modern dan terus berkembang. Jika dahulu boneka wayang identik dengan tradisional, sekarang bentuk wayang mulai bervariasi. Selain itu, karakter wayang yang khas juga disempurnakan ke media lain seperti kartun dan lainnya. Hal ini membuat karakter wayang semakin disukai oleh masyarakat.

Kain Tenun

Kerajinan tangan Indonesia selanjutnya adalah kain tenun. Berbeda dengan batik, kain ini dibuat dengan menenun benang-benang sebagai bahan dan masih menggunakan alat tradisional. Pengerjaan satu helai kain tenun membutuhkan waktu yang lama. Kain tenun tersebar di seluruh Indonesia dan masing-masing daerah mempunyai motif yang khas dan unik. Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain tenunnya adalah Bali, Minang, Lombok, dan Toraja.

Kain tenun biasanya digunakan sebagai pemanis pakaian, pelapis perabotan, dan hiasan di dalam rumah. Namun seiring berjalannya waktu, kain tenun saat ini mulai digunakan untuk membuat pakaian dan perlengkapan lain seperti tas, sepatu, hiasan, dan lainnya.

Anyaman

Anyaman dapat dibuat dengan beberapa bahan seperti rotan dan bambu, hingga bahan yang mudah ditemukan setiap hari seperti kertas dan sedotan. Kerajinan ini dapat dibuat menjadi berbagai macam produk seperti tempat tisu, tatakan gelas, keranjang, hingga perabotan lainnya. daerah pengrajin anyaman di Indonesia yang paling terkenal adalah di wilayah Jawa Barat, seperti Tasikmalaya dan Garut.

terms: daerah penghasil kerajinan, bali adalah salah satu wilayah penghasil kerajinan, berikut contoh negara yang mengekspor kerajinan wayang kulit kecuali, daerah penghasil kerajinan ukir kayu di nusantara, daerah penghasil kerajinan bambu