Inilah Cara Merawat Motor Matic Injeksi

By Categories : Tips

Sepeda motor menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar. Di kalangan masyarakat kehadiran motor matic menjadi daya tarik tersendiri karena jenis motor ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan motor manual. Meskipun begitu tetap memiliki beberapa kelemahan dengan motor manual. Motor matic menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mau sedikit bersusah ketika mengendarai kendaraan bermotor.

Kelemahan motor matic dengan motor manual pada umumnya adalah boros bahan bakar. Namun, semakin berkembangnya teknologi, sekarang hampir semua produsen kendaraan bermotor mengeluarkan teknologi injeksi. Teknologi injeksi merupakan metode pencampuran bahan bakar dengan udara sehingga akan menghasilkan pembakaran yang sempurna dan lebih irit bahan bakar. Dengan kelebihan tersebut tentu dalam perawatan Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Berikut Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Cara merawat motor matic injeksi yang pertama adalah dengan cara memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan motor matic cenderung sebentar antara 1 sampai 5 menit saja, tetapi sudah cukup untuk memanaskan mesin kendarannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari mesin mogok sekaligus untuk membuat pembakaran dalam mesin motor matic injeksi jauh lebih sempurna.

Tidak Mengubah Laju Kendaraan Mendadak

Cara berikutnya untuk merawat motor matic adalah dengan menghindari laju kendaraan secara mendadak. Mengubah laju kendaraan mendadak yang mulanya berjalan perlahan menjadi langsung kencang sebaiknya perlu dihindari. Hal tersebut dapat menyebabkan usia mesin motor matic injeksi cepat mengalami masalah.

Rajin untuk Mengganti Oli Transmisi

Pada dasarnya oli yang digunakan untuk motor matic dan motor dengan transmisi manual berbeda. Oli khusus untuk mesin matic injeksi sebaiknya diganti secara rutin. Untuk cara ini dapat dilakukan bersama dengan servis mesin, sehingga menjadi satu paket. Untuk pergantian oli mesin sendiri dapat diganti secara teratur dengan memperhatikan jarak yang ditempuh 1000km sedangkan untuk oli transmisi dilakukan setiap 5000km.

Memeriksa Ven Belt dan Roller

Cara merawat motor matic injeksi berikutnya adalah dengan memeriksa vent belt serta roller secara teratur. Sama halnya dengan memeriksa oli, motor matic memiliki komponen yang disebut dengan vent belt dan roller. Jika keduanya tidak diganti secara teratur, maka motor matic akan terasa kurang nyaman saat digunakan. Terlebih lagi jika vent belt putus, maka bisa dipastikan Anda harus mendorongnya.

Jangan Sampai Tangki dalam Keadaan Kosong

Seperti yang kita ketahui bahwa motor dengan sistem injeksi memang tidak boleh dibiarkan tangki dalam keadaan kosong. Hal ini berlaku juga untuk matic yang menggunakan sistem injeksi. Untuk menjaga agar mesin dapat dinyalakan dan sistem injeksi terjaga dengan baik, sangat disarankan jangan sampai tangki kehabisan bensin.

Demikianlah tadi ulasan seputar cara merawat motor matic injeksi yang dapat Anda ketahui. Perlu diingat pula memeriksa kendaraan busi dan aki ketika Anda membawanya ke bengkel resmi. Baca juga artikel menarik lainnya Cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap.