Inilah Cara Menggosok Gigi yang Benar dan Tepat

By Categories : Kesehatan

Bagaimana cara menggosok gigi yang benar? –Menggosok gigi ternyata memiliki cara yang benar, laluba gaimana jika salah dalam menggosok gigi? Akibatnya gusi menjadi sakit yaitu jelas dan banyak lagi akibat yang ditimbulkan apabila menggosok gigi dengan salah. Oleh sebab itu kita harus tahu apa saja kesalahan kesalahan menggosok gigi agar kita bisa meminimalisir cara menyikat gigi yang salah.

Cara Menggosok Gigi yang Benar

  1. Berkumur setelah menyikat gigi

Kebanyakan orang berkumur setelah menggosok gigi, Dokter Tam mengatakan bahwa menggosok gigi tujuannya adalah untuk memperbaiki dan membuat mulut menjadi bersih. Oleh karena itu berkumur setelah menggosok gigi tidak dianjurkan, berkumurlah setelah 30 menit usai menggosok gigi agar pasta gigi dapat meresap dahulu dan tidak langsung hilang.

Menggosok gigi yang benar

  1. Sikat gigi setiap selesai makan

Setidaknya tunggulah setelah 30 menit setelah makan untuk menggosok gigi.

  1. Sikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras akan menyebabkan gigi mengalami abrasi, dianjurkan menggosok gigi dengan sikat gigi berbulu lembut. Selain itu menggosok gigi dengan kasar biasanya lebih beresiko melukai gusi.

  1. Menggosok gigi terlalu keras

Menggosok gigi terlalu keras dapat menyebabkan pengikisan gigi, dianjurkan untuk menggunakan sikat yang lembut. Dan menggosok gigi dengan keras dapa tmenimbulkan gusi sakit.

  1. Banyak ngemil

Selain tidak baik bagi berat badan karena menyebabkan berat badan naik, sering ngemil dapat membuat mulut lebih asam dan mengakibatkan kerusakan pada gigi. Butuh waktu 5 menit untuk menetralkan PH pada mulut, untuk itu tidak dianjurkan terlalu sering ngemil agar PH pada mulut dapat netral.

  1. Menyikat gigi ketika mandi

Menyikat gigi ketika mandi sangatlah tidak dianjurkan, karena menyikat gigi didepan air yang mengalir akan membuat kita tidak fokus, dianjurkan menyikat gigi di depan cermin agar dapat melihat setiap bagian dalam rongga mulut saat menyikatnya.

Setelah mengetahui hal hal apa saja yang tidak baik atau kesalahan kesalahan dalam menyikat gigi, kita juga perlu tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Berikut beberapa cara menggosok gigi yang benar,

  1. Jangan menggunakan odol terlalu banyak, dikarenakan odol yang terlalu banyak akan menyebabkan busa terlalu banyak dan dapat membuat kita cepat cepat ingin menyudahi menyikat gigi, gunakan odol seperti cara yang sudah tertera pada pasta gigi.
  2. Menggosok gigi dengan gerakan memutar dimulai dari gigi bagian depan, tetapi usahakan jangan terlalu keras menekan gagang sikat gigi karena beresiko melukai gusi.
  3. Sikat gigi satu per satu agar bisa mendapatkan gigi bersih lebih maksimal.
  4. Gosok gigi bagian depan secara vertikal untuk membuang sisa sisa makanan pada gigi.
  5. Tunggu sekitar setengah sampai satu jam untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi minuman dan makanan yang asam.

loading...