Inilah Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Jika Anda sering mengalami telapak kaki sakit, sebaiknya Anda jangan menganggap remeh hal ini. Jika tidak segera diatasi dan diabaikan rasa sakit tersebut dapat bertambah semakin parah dan dapat menyebabkan peradangan yang serius. Ada beberapa faktor yang menyebabkan telapak kaki mengalami nyeri dan sakit, salah satunya yaitu berat badan berlebih. Seseorang yang memiliki berat badan yang tidak ideal dapat menyebabkan tulang lutut, tulang belakang dan juga kaki harus menahan beban berat dan tubuh seseorang. Sehingga secara tak langsung hal ini akan menyebabkan telapak kaki sakit atau terasa nyeri.

telapak kaki

Selain berat badan tidak ideal, penggunaan alas kaki yang salah, tidak sengaja menginjak benda tajam, mata ikan, kapalan dan kelelahan juga merupakan penyebab dari telapak kaki mengalami nyeri dan sakit. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Berikut adalah cara mengatasi telapak kaki sakit

Pijat kaki

Pijat merupakan teknik paling ampuh untuk mengatasi pegal-pegal setelah seharian melakukan aktifitas. Namun tak hanya itu saja, pijat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa memijat telapak kaki sendiri dengan menggunakan minyak aitun ataupun dengan menggunakan minyak essensial. Namun jika Anda menginginkan teknik pijat kaki yang lebih profesional, Anda mengunjungi tempat pijat refleksi agar telapak kaki lebih rileks dan tidak sakit lagi. Baca juga cara menghilangkan pegal di kaki setelah olahraga.

Rendam kaki

Cara yang kedua adalah dengan cara merendam kaki. Tak hanya rambut, wajah dan kulit saja yang perlu mendapatkan perawatan. Kaki juga  membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah, seperti mata ikan, telapak kaki pecah-pecah dan lainnya. Salah satu cara merawat kaki agar tetap sehat adalah dengan cara merendam kaki. Hal ini merupakan cara sederhana yang dapat dilakukan. Yaitu hanya dengan menaruh air pada wadah atau baskom kemudian tambahkan irisan lemon, minyak peppermint dan kelopak mawar. Ketiga bahan alami tersebut sangat ampuh untuk membuat kaki terasa sejuk dan nyaman.

Memberi lotion

Cara mengatasi telapak kaki sakit selanjutnya adalah dengan memberi lotion. Lotion yang Anda gunakan sangat cocok untuk mengatasi kaki kasar dan kapalan. Pastikan Anda menggunakan lotion yang mengandung urea. Karena kandungan  tersebut  mampu membuat telapak kaki menjadi lebih halus dan tentunya ini akan mencegah telapak kaki mengalami nyeri dan sakit.

Gunakan pelapis sepatu

Seperti yang Anda ketahui, salah satu penyebab telapak kaki sakit adalah penggunaan alas kaki yang salah. Oleh karena itu untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan pelapis sepatu atau yang biasa disebut dengan ortotik. Ortotik sangat berguna untuk meringankan nyeri pada kaki. Untuk mendapatkan alat ini, Anda bisa mendapatkannya di alat kesehatan atau di podiatris.

Nah itulah beberapa cara mengatasi telapak kaki sakit secara alami yang dapat Anda coba. Baca juga artikel lainnya makanan untuk mengatasi tubuh pegal-pegal.

terms: obat sakit telapak kaki tradisional, ramuan herbal sakit telapak kaki, membuatramuantelapakkakisakit, obat telapak kaki sakit secara alami, obati tlapak kaki yang pegal