Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Biang keringat atau yang biasa disebut dengan miliaria adalah salah sau jenis penyakit kulit yang sering menyerang bayi. Meskipun tidak berbahaya biang keringat sendiri dapat menular melalui pakaian yang digunakan, udara hingga melalui kontak fisik. Penyakit ini memiliki ciri-ciri bintik-bintik kecil yang berisi air berwarna kemerahan. jika tidak segera diatasi penyakit ini dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, dan terkadang anak yang terkena biang keringat pun akan menangis. Beberapa hal yang merupakan faktor penyebab dari miliaria adalah cuaca yang lembab dan panas, saluran keringat belum matang, hingga panas berlebih. Lalu bagaimana cara mengatainya? Berikut adalah cara mengatasi biang keringat pada bayi secara alami.

Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Cara ampuh untuk mengatasi biang keringat pada bayi

Hindari penggunaan pakaian yang tebal

Apabila cuaca sedang panas dan lembab, sebaiknya gunakanlah pakaian yang longgar dan tipis dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Hal ini merupakan salah cara paling ampuh untuk mengatasi dan mencegah datangnya biang keringat. Selain itu, pastikan Anda selalu membuka ventilasi agar udara dapat masuk. Jika tidak, Anda bisa menggunakan AC ataupun kipas angin agar si kecil tidak kepanasan.

Menggunakan minyak telon

Yang kedua adalah dengan menggunakan minyak telon. Selain dapat menghangatkan tubuh bayi setelah dimandikan, minyak telon juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi biang keringat. Minyak telon sendiri mengandung berbagai macam zat baik yang dapat meredakan ruam akibat biang keringat. Caranya oleskan minyak telon pada bayi Anda setiap selesai memandikannya.

Es batu

Es batu juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi.  Sensasi dingin pada es batu tersebut dapat meredakan rasa gatal. Caranya, masukkan es batu ke dalam suatu kantong atau Anda pun bisa membungkusnya dengan menggunakan kain. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak terlalu kedinginan. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terkena biang keringat.

Menggunakan bedak dingin

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa menggunakan bedak dingin. Bedak ini dapat digunakan untuk mendinginkan kulit. Sehingga rasa gatal yang diderita bayi dapat berkurang. Saat ini bedak ini sudah tersedia di toko-toko. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri, caranya yaitu siapkan 3 mug beras kemudian campurkan dengan segelas air bersih. Masukkan daun pandan kering yang sudah diiris kecil-kecil lalu aduk hingga rata. Kemudian Anda bisa membentukknya seperti kelereng dan jemur di bawah matahari. Jika ingin menggunakannya, campurkan sedikit air untuk melarutkan bedak dingin yang sudah padat lalu oleskan pada kulit.

Selalu menjaga kebersihan kulit

Berikutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit. Hal ini tentu saja dapat mengurangi resiko si kecil terkena biang keringat. Tak hanya itu saja, pastikan Anda selalu mengganti baju anak jika baju tersebut sudah basah dan berkeringat.

Nah itulah beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Baca juga cara mudah mengatasi penyakit kuning pada bayi.