Inilah Cara Kerja Jantung Pada Manusia

By Categories : Kesehatan

Jantung adalah organ paling penting pada manusia yang merupakan salah satu pusat sistem perdaran darah. Selain itu jantung juga berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan melalui organ paru-paru. Semakin baik kondisi tubuh maka semakin baik pula cara kerja jantung itu sendiri. Menurut sebuah penelitian kesehatan cara kerja jantung sangat dipengaruhi oleh faktor usia, semakin bertambahnya usia seseorang maka fungsionalitas jantung akan menurun.

Jantung bekerja secara terus-menerus selama manusia masih hidup, hanya saja kinerja akan menurun seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini jantung ternyata juga dapat mengalami penurunanan fungsionalitas jantung secara drastis jika jantung dalam kondisi tertentu. Seperti terjadi infeksi pada otot jantung, terjadi penyempitan pembuluh darah dan terjadi pertambahan massa otot karena meningkatnya tekanan darah. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai organ jantung. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara keja jantung pada manusia. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Inilah Cara Kerja Jantung Pada Manusia

Inilah Cara Kerja Jantung Pada Manusia

Jantung bekerja dimulai dengn cara berulang dan berlangsung secara terus menerus atau yang sering disebut dengan siklus jantung. Siklus jantung ini dapat jika dilihat secara visual akan terlihat sebagai deyut jantung. Selain itu secara siklusnya, jantung melakukan sebuah perode sistol atau periode mengosongkan darah. Sedangkan untuk periode diastrol disebut dengan periode pengisian darah.

Dalam organ jantung juga memiliki dua serambi untuk mendukung mekanisme pengeluaran dan pengisian darah dengan mengendur dan berkontaksi secara bersamaan. Ketika jantung melakukan kontaksi jantung akan mengali berdenyut secara beriirama. Kondisi tersebut di dukung dengan adanya otot jantung untuk menghasilkan mekanisme aliran listrik yang dipengaruhi oleh elektrolit seperti K+, Na+, dan Ca++. Dari ketiga kadar elektrolit harus dijaga dengan baik, jika tidak maka akan menyebabkan beberapa masalah terhadap gangguan mekanisme aliran listrik pada jantung manusia.

Cara kerja jantung juga dipengaruhi oleh darah yang terdapat dalam tubuh manusia. Jika darah mengalami kekurangan oksigen dan mengandung begitu banyak darah kotor. Maka  kinerja jantung akan semakin keras. Diantaranya darah kotor tersebut akan mengalir melalui dua vena besar dan menuju pada ventrikel kanan. Setelah itu di pompa melalui kutub pulmoner dan menuju ke paru-paru. Setelah di paru-paru darah akan mengelilingi kantong udara pada paru-paru dan menyerap oksigen yang berfungsi untuk melepaskan karbodiaksida. Selanjutny jantung baru dapat memompa darah bersih melalui autra ke dalam aorta atau arteri besar pada manusia. Maka dengan begitu jantung akan berfungsi dengan baik untuk menunjang kepentingan seluruh tubuh manusia.

Nah itulah penjelasan mengenai cara kerja jantung pada manusia yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Makanan Sehat Bagi Kesehatan Jantung