Inilah Beberapa Jet Tempur Buatan Indonesia

By Categories : Teknologi

Negara Indonesia sekarang ini tengah menuju kepada sistem kemandirian alat utama persenjataan (alutsista). Memang tidak disangka di tengah gempuran dan penggunaan pesawat komersial dan militer canggih yang diciptakan oleh produsen dunia. Kini negara Indonesia telah mulai bangkit untuk mencoba mengembangkan sendiri dalam memproduksi jet tempur secara mandiri tanpa bantuan negara tetangga. Dengan adanya naungan dari pengembangan dan sinergi antara Lembaga Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kini semangat kembali berupaya untuk meningkatkan industri kedirgantaraaan pasca kehancurannya saat mengalami krisis pada tahun 1998. Dengan adanya kerja keras dan semangat dari tenaga ahli atau insinyur kedirgantaraan mampu membuat jet tempur buatan Indonesia.
Jet Tempur IFX

Dalam proses pembuatan tersebut tidak semudah yang dibanyangkan, terdapat berbagai kendala yang sering menjadi penghambat salah satunya masalah keterbatasan permodalan dan regenerasi. Namun hal itu dapat teratasi karna berkat campur tangan dan dukungan LAPAN, membuat insiyur sangat antusias dalam mengembangkan berbagai purwarupa pesawat terbang. Nah ingin tahu jet tempur buatan Indonesia? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Beberapa Jet Tempur Buatan Indonesia

Jet Tempur IFX

Sekarang ini Indonesia dan Korea Selatan tengah melakukan berbagai upaya dan pengembangan bersama untuk menciptakan jet tempur buatan Indonesia. Progam yang diberi nama Korea Fighter eXperiment/Indonesia Fighter eXperiment (KFX/IFX). Sedangkan untuk di Indonesia di beri nama IFX. Proses pembuatan jet tempur diprediksikan akan selesai minimal membutuhkan waktu 8 tahun. Pesawat tempur atau jet tempur buatan Indonesia ini dalam tahap pengembangannya dan diproduksi dilakukan di Bandung, Jawa Barat. Untuk teknologi yang digunakan jet tempur buatan Indonesia ini mengadopsi pesawat generasi 4.5 atau lebih unggul dibandingkan jet F16. Baca juga produk pindad terbaru.

Pesawat Penumpang R80

Impian mantan presiden BJ Habibie yang memiliki keinginna untuk mengembaangkan pesawat tempur komersial memang tidak lekang oleh usia. BJ. Habibie dengan bantuan perusahaan PT. Regio Aviasi Indusri kerjasama dengan PTDI berhasil mengembangkan pesawat penumpang bermesin turboprop R80. Pesawat tersebut dirancang dengan kapasitas 80 penumpang. Pesawat penumpang R80 ini juga termasuk salah satu jet tempur buatan Indonesia yang meskipun saat ini masih masuh dalam tahap atau fase preliminary design. Meskipun pesawat impian BJ. Habibie tersebut belum terwujud prototype atau purwarupa. Maskapai Nasiaonal telah menyatakan bahwa pesawat tersebut merupakan salah satu buatan Indonesia.

Jet Tempur N219

Jet tempur buatan Indonesia yang terakhir adalah bernama N219, jika saat ini dapat lolos sertifikasi. Maka Indonesia akan memasuki sejarah baru, hal ini dikarenakan pesawat atau jet tempur ini telah masuk dalam sertifikasi sebelum pesawat pendahuluna yakni N250. Pesawat telah terbang perdana pada Oktober 2015 dan selanjutnya akan dilakukan pengujian prototype.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai jet tempur buatan Indonesia yang dapat Anda ketahui. Pesawat Tempur Tercanggih.

terms: pesawat tempur buatan bj habibie, pesawat tempur rancangan bj habibie, pesawat tempur buatan b j habibie, rancangan pesawat tempur buatan indonesia, pesawat tempur buatan habibie