Inilah Bahaya Akibat Kurang Asam Folat Untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Asam folat atau yang biasa disebut dengan vitamin B9 adalah salah satu vitamin yang larut dalam air. Sama seperti vitamin lainnya, vitamin ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat asam folat adalah untuk pembentukan sel baru termasuk sel darah merah dan sel syaraf. Mengingat betapa pentingnya asam folat, pastinya setiap orang membutuhkan vitamin yang satu ini khususnya ibu hamil. Ibu hamil yang kebutuhan asam folatnya tercukupi dapat mencegah terjadinya gangguan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

Kurang Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Beberapa sumber asam folat terbaik diantaranya adalah sayuran seperti bayam, lobak Cina, asparagus, kuning telur, hati, ginjal dan buah seperti melon, tomat, semangka, nanas, jeruk, anggur dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana jika ibu hamil kurang akan asupan asam folat? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah bahaya akibat kurang asam folat untuk ibu hamil.

Ibu hamil kurang asam folat? Ini akibatnya

Kurang darah merah atau anemia

Seperti yang Anda ketahui, manfaat asam folat adalah bagi tubuh sebagai pembuat sel darah merah pada orang dewasa dan anak-anak. Sel darah merah di dalamnya terkandung zat yang dinamakan fibrinogen yang berguna sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh dan sebagai pembeku darah. sehingga jika kekurangan asam folat dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Apabila hal ini terjadi pada ibu hamil, dapat meningkatkan resiko keguguran pada kehamilannya.

Resiko bayi lahir cacat atau kelainan

Yang kedua adalah dapat meningkatkan resiko bayi lahir cacat atau kelainan. Asupan nutrisi asam folat yang tidak terpenuhi tentu saja dapat membuat membuat kondisi kesehatan janin menurun. Salah satu organ janin yang rentan mengalami kelainan adalah otak. Sehingga, bagi ibu yang berencana untuk hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya asam folat agar bayi dapat lahir dengan normal dan sehat.

Diare

Akibat kurang asam folat untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menyebabkan diare. Mengapa demikian? Karena kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti maag ataupun diare. Seperti yang kita ketahui diare dapat membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil tidak dapat tercerna dengan baik. Sehingga jika hal ini terjadi pastinya dapat membuat asupan gizi janin menjadi terganggu.

Spina bifida

Berikunya adalah dapat menyebabkan spina bifida. Spina bifida merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang saat bayi masih berada di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan asam folat sehingga hal ini menyebabkan pelindung atau plasenta bayi dalam perut tidak terbentuk dengan baik.

Nah itulah beberapa bahaya akibat kurang asam folat untuk ibu hamil. Selain mengonsumsi makanan kaya akan asam folat, ibu hamil juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat, akan tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi adalah sebagai berikut.

Makanan yang mengandung asam folat tinggi

Sayuran berdaun hijau

Untuk mendapatkan asupan asam folat untuk tubuh, ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran berdaun hijau dalam menu masakan. Adapun sayuran berdaun hijau tersebut antara lain sawi hijau, bayam, seladam dan kale. 1 cangkir bayam mengandung  263 mcg folat atau sekitar 65% dari kebutuhan perhari.

Asparagus

Dalam satu cangkir asparagus yang sudah direbus mengandung 262 mcg folat. Makanan ini mampu menyumbang 65% dari kebutuhan harian tubuh Anda. Selain banyak mengandung asam folat, asparagus juga kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A dan mangan.

Brokoli

Sayuran ini mampu memenuhi asupan asam folat untuk ibu hamil. Selain itu, brokoli juga dikenal sebagai pendetox alami. Dalam satu cangkir brokoli mengandung sekitar 24 % untuk kebutuhan harian. Ibu hamil sangat baik mengonsumsi brokoli yang diolah dengan cara dikukus setengah matang.

Buah jeruk

Buah jeruk mengandung asam folat yang tinggi. Dalam satu buah jeruk dapat menghasilkan sekitar 50 mcg asam folat atau sekitar 10 % kebutuhan tubuh.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak asam folat adalah buncis dan kacang polong. Kacang lainnya yang mengandung senyawa ini adalah kacang pinto, kacang hijau, kacang merah, dan kacang hijau. Dalam semangkuk kecil setiap jenis kacang mampu memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat.

Alpukat

Dalam satu cangkir buah alpukat mengandung 90 mcg asam folat. Ini artinya mampu menyumbang 22 % kebutuhan per hari. Selain itu, buah alpukat juga merupakan sumber vitamin K, serat, dan lemak yang baik untuk tubuh.

Kecambah

Jenis sayuran ini cocok untuk meningkatkan asam folat untuk ibu hamil. Mengonsumsi satu cangkir asam folat mampu memberikan sekitar 25 % jumlah harian yang dibutuhkan. Selain itu, kecambah juga banyak mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, mangan serta kalium.

Baca juga ketahuilah penyebab bayi lahir prematur berikut ini.

Loading...