Inilah Bahan Pengawet Makanan Alami yang Aman

By Categories : Makanan

Bahan pengawet makanan merupakan salah satu bahan yang tidak bisa dipisahkan dari segala macam produk makanan. Pengawetan makanan sangat berguna untuk memperpanjang usia makanan dan minuman serta mencegah makanan terkontaminasi dari bakteri dan mikroba yang merusakan makanan tersebut. Seperti yang Anda ketahui pada umumnya ada beberapa cara mengawetkan makanan yaitu dengan cara menggunakan bahan pengawet makanan alami ataupun pengawet buatan/ sintestis. Jika dilihat dari harga, harga dari pengawet buatan memiliki harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi jika digunakan secara terus menerus, pengawet buatan memiliki dampak buruk bagi kesheatan manusia. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengawetkan makanan, berikut adalah beberapa bahan pengawet alami dan aman yang dapat Anda gunakan.

Inilah Bahan Pengawet Makanan Alami yang Aman

Inilah bahan pengawet makanan yang tidak berbahaya

Gula

Yang pertama adalah dengan menggunakan gula. Tidak hanya dapat memberikan rasa manis pada setiap makanan. akan tetapi gula juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan untuk mengawetkan makanan. Ini karena gula mampu membuat microorganisme tidak bisa hidup tahan lama. Gula pasir biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan seperti selai, manisan dan lainnya. Sedangkan gula merah dapat digunakan untuk mengawetkan berbagai macam masakan, daging bacem, serundeng dan lainnya.

Garam

Hampir setiap orang sudah mengetahui bahwa garam merupakan salah satu pengawet makanan  yang telah digunakan sejak  zaman dahulu. Sama seperti gula, garam juga mampu menangkal microorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada makan. Garam sendiri bekerja mengawetkan makanan dengan cara mengdehidrasikan makanan, sehingga mikroba dan bakteri tidak ada di dalam makanan. Tak hanya itu saja, garam juga dapat membuat makanan tetap kering. Sehingga ini akan mencegah pertumbuhan jamur dan ragi. Makanan yang sering diawetkan dengan menggunakan garam adalah ikan, sayuran dan lainya.

Cuka

Bahan pengawet makanan selanjutnya adalah cuka. Kandungan asam asetat dalam cuka sangat ampuh untuk membunuh bakteri serta mikroorganisme yang lainnya. Agar awet dan tahan lama, sebelum menyimpan daging dan ikan mentah ke dalam kulkas, Anda bisa melumurinya dulu dengan menggunakan cuka.

Lemon

Berikutnya adalah dengan menggunakan lemon. Menggunakan lemon merupakan salah satu cara memasak daging sapi agar cepat empuk, namun tak hanya itu saja manfaat lemon. Kandungan vitamin C pada buah ini juga dapat membunuh bakteri dan microba perusak gizi makanan. Sehingga mengoleskan air perasan lemon sebelum menyimpannya merupakan cara terbaik untuk memperpanjang makanan yang Anda awetkan. Beberapa macam makanan yang dapat diawetkan dengan menggunakan lemon adalah daging, ikan, ayam ataupun sayuran.

Ekstrak Rosemary

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ekstrak rosemary juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan menyuling ekstrak rosemary dan membiarkan antioksidan yang terkandung di dalamnya melindungi penampilan dan rasanya. Hal ini juga dapat mencegah dekomposisi dan oksidasi makanan.

Demikianlah ulasan mengenai bahan pengawet makakanan alami yang aman. Baca juga artikel lainnya bahaya makanan ringan bagi tubuh.

terms: cara mengawetkan serundeng