Inilah 8 Cara Merawat Bonsai yang Baik

By Categories : Tips

Banyak yang menganggap jika bonsai merupakan benda seni yang hidup sehingga dalam perawatannya perlu perhatian khusus dari pemiliknya. Untuk mendapatkan bonsai yang baik dan sehat maka perlu ketekunan serta kesabaran untuk merawatnya Ada beberapa cara merawat bonsai yang baik, diantaranya sebagai berikut :

bonsai

Praktek dan Cara Merawat Bonsai

Penyiraman

Penyiraman bonsai akan berbeda di waktu musim hujan dan musim kemarau. Jika pada musim hujan maka bonsai cukup disiram pada pagi dan sore hari. Sedangkan pda waktu musim kemarau Anda dapat menyiramnya berkali-kali sesuai dengan keadaan tanaman bonsai. Anda juga perlu memperhatikan bahwa sebagian air siraman ke luar ke dasar pot. Hal ini untuk memastikan bahwa ujung akar mendapatkan air.

Pada musim kemarau, jangan lupa bagian daun ikut dibasahi pada saat melakukan penyiraman. Ini berguna untuk melakukan penyegaran setelah seharian terkena sinar matahari dna mebersihkan daun bonsai dari debu yang menempel. Namun perlu Anda ingat bahwa daun bonsai yang basah jika terkena matahari akan mudah hangus sehingga Anda dapat melindungi agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk penyiraman, air yang baik untuk digunakan adalah air hujan dan air sumur yang ber-pH netral.

Pemupukan

Cara merawat bonsai selanjutnya adalah pemupukan. Walaupaun ini merupakan jenis tanaman yang kerdil tetapi tumbuhan ini memerlukan pemupukan agar dapat hidup hingga puluan tahun. Perlu Anda ketahui jika pemupukan pada bonsai sedikit berbeda dengan tumbuhan lainnya. Kesalahan dalam pemberian pupuk dapat menyebabkan bonsai terlalu tumbuh subur atau sebaliknya, tumbuh tidak subur.

Para pecintai bonsai di Jepang bisanya menggunakan pupuk tradisional yang terbuat dari campuran tepung ikan, kotoran ayam, tepung tulang, bungkil kedelai, bungkil biji kupas, dan sebagainya. Namun untuk memudahkan dapat menggunakan pupuk yan mengandung Nitrogen, Kalium, dan Phosphor.

Penyiangan

Cara merawat bonsai selanjuntnya adalah penyiangan. Hal ini perlu dilakukan pada bonsai karena rumput atau gulma yang tidak berguna akan mengganggu bonsai dalam penyerapan makanan. Penyiangan pada bonsai dilakukan sedini mungkin dengan cara manual menggunakan tangan. Namun untuk mecegah tumbuhnya gulma, Anda dapat mengakalinya dengan meletakkan mos atau lumut yang biasa tumbuh pada tembok pagar. Hal ini bertujuan untuk dijadikan indikator  kelembapan udara. Jadi jika lumut berwarna cokelat berarti tanah dalam keadaan kurang lembab. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menyiram bonsai tersebut.

Penggantian media dan pemangkasan akar

Media yang sudah cukup lama sebaiknya diganti karena tidak baik untuk dipertahankan karena beresiko sebagai sarag penyakit. Untuk itu penggantian media sekaligus pemangkasan akar sangat penting pada tanaman bonsai.

Hindari akar bonsai yang terlalu panjang karena dapat menghambat air dan udara meresap ke dalam tanah, jika dibiarkan maka bonsai akan mati. Untuk pemangkasan akar tergantung dari jenis, umur, serta keadaan pohon. Bonsai yang memiliki pertumbuhan cepat, berbuah, dan berbunga maka harus lebih sering dilakukan penggantian media tanam dan pemangkasan akar.

Penggantian Pot

Tahap ini dilakukan pada saat mengganti media tanam serta pemotongan akar. Penggantian pot disini artinya adalah jika tanaman sudah mulai membesar maka diharuskan untuk mengganti pot. Yang paling ideal adalah setiap dua kali penggantian media tanam, maka dilakukan pula sekali penggantian pot.

Pemangkasan tanaman

Tidak hanya akar, pemangkasan tanaman juga sangat penting sebagai cara merawat bonsai. Hal ini karena bonsai merupakan tumbuhan dengan seni keindahan. Untuk itu, bagian tanaman bonsai harus dipangkas agar lebih menarik. dalam pemangkasannya juga tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan kriteria bonsai. Hal yang perlu diperhatikan adalah bentuk cabang yang harus mengecil hingga ke tajuknya.

Pembukaan dan penggantian kawat

Anda harus memperhatikan lilitan kawat yang menempel pada batang bonsai. Jika lilitan kawat tersebut mulai masuk ke dalam batang maka sudah waktunya Anda mengganti kawat tersebut. Jika dibiarkan maka lilitan tersebut akan menyebabkan terjadinya tonjolan dan luka pada cabang atau batang bonsai.

Penempatan Bonsai

Penempatan bonsai akan berpengaruh terhadap bonsai itu sendri. Tanaman bonsai biasanya memerlukan sinar matahari sehingga Anda harus menaruh pot bonsai yang mendapat sinar matahari, namun masih dalam keadaan teduh. Hindari menempatkan bonsai pada udara yang sangat dingin dan sangat panas pada awal perawatan bonsai. Ini karena bonsai biasanya hanya memiliki lapisan tanah yang tipis pada wadah yang dangkal. Untuk menempatkan bonsai tempat yang paling tepat adalah teras rumah. Anda juga dapat menempatkan pada rak  yang diberi atap plastik sehingga plastik putih tersebut dapat menghasilkan sinar pancar.

Itulah beberapa cara merawat bonsai yang perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai macam tanaman bonsai yang dapat Anda pilih. Apapun jenis bonsai yang Anda pilih, jika dapat merawat dengan baik tentu akan menghasilkan tanaman bonsai yang indah.

baca juga Jenis Tanaman Aquascape terbaik

Loading...
terms: cara membuat bonsai plastik