Inilah 7 Danau Terdalam di Indonesia

By Categories : Umum

Wisata di sekitar danau masih menjadi salah satu pilihan warga Indonesia untuk menikmati pesona wisata alam. Pada umumnya danau digunakan untuk keperluan wisata, olahraga air, dan juga untuk perairan. Kebanyakan danau di Indonesia adalah air tawar. Meskipun begitu di antara banyaknya danau yang ada di Indonesia, ternyata memiliki kedalaman yang beragam mulai dari danau alami sampai dengan danau buatan. Tak heran jika banyak danau yang memiliki kedalaman mencapai ratusan meter. Nah lalu apa sajakah danau tersebut? Simak pembahasan di bawah ini!

Danau Terdalam di Indonesia

Berikut Danau Terdalam di Indonesia

Danau Mantano, Sulawesi Selatan

Danau Mantano merupakan danau yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau Mantano ini memiliki kedalaman mencapai 590 meter yang menjadikan danau ini salah satu danau terdalam di Indonesia. Danau Mantano berfungsi untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Selain terdalam di Indonesia, danau danau Mantano juga dianggap oleh WWF sebagai danau paling dalam di Asia Tenggara serta menjadikan yang ke 8 di dunia.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau terdalam di Indonesia yang kedua adalah Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara. Danau ini merupakan danau vulkanik yang panjangnya mencapai 100km dengan rentan lebar 30km. Danau Toba memiliki kedalaman mencapai 529 meter. Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Sumatera Utara serta dari Mancanegara. Di tengah danau, terdapat pulau Samosir yang menjadi salah satu pemandangan paling indah di Inonesia.

Danau Poso

Yang ketiga adalah Danau Poso yang terletak di Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Poso. Danau Poso memiliki kedalaman mencapai 450 meter serta memiliki panjang mencapai 32 km. Tidak hanya itu saja, danau Poso memiliki lebar mencapai 16km sehingga membuat danau Poso terbesar diurutan ketiga di Indonesia. Di tempat ini juga menjadi salah satu tempat budidaya ikan sidat, dan juga ikan belut.

Danau Dibawah

Mungkin namanya akan terdengar sedikit aneh, namun danau ini memang benar adanya. Danau Dibawah memiliki kedalaman mencapai 309 meter yang terletak di Sumatera Barat. Danau ini memilki pesona alam yang indah dengan dikelilingi pepohonan serta bukit yang indah.

Danau Singkarak

Berikutnya adalah danau Singkarak yang terletak di antara dua kabupaten di Sumatera Barat yakni Kabupaten Solok dan juga Kabupaten Tanah Datar. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 268 meter dan digunakan juga untuk PLTA.

Danau Ranau

Danau Ranau menduduki posisi keenam dalam danau terdalam di Indonesia. Danau Ranau terletak di Sumatera Selatan, dan menjadi danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau Ranau memiliki kedalaman sekitar 229 meter dengan memiliki cuaca sejuk.

Danau Towuti

Yang ketujuh adalah Danau Towuti yang letaknya di Sulawesi Selatan. Danau Towuti memiliki kedalaman maksimum mencapai 203 meter. Danau Towuti terkenal sebagai Taman Wisata Alamm dan masuk dalam daftar tempat wisata terbaik di Indnesia, karena memiliki pesona wisata alam sekitar yang indah. Selain itu danau ini juga digunakan untuk navigasi, perikanan, PLTA, dan juga untuk kebutuhan sumber air.

Demikianlah ulasan mengenai 7 danau terdalam di Indonesia yang dapat Anda ketahui.

Loading...