Inilah 6 Cara Merawat Jam Tangan Agar Awet Berdasarkan Bahannya

By Categories : Tips

Jam tangan menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang. Selain sebagai petunjuk waktu, jam tangan bisa juga digunakan untuk membuat penampilan agar lebih menarik bagi pria maupun wanita. Ditambah lagi saat ini banyak model jam tangan yang bisa disesuaikan dengan fashion mulai dari acara formal sampai dengan kasual.

Seperti halnya dengan barang elektronik lainnya, jam tangan juga memerlukan perawatan agar tetap awet dan tahan lama. Maka dari itu ketika menggunakan jam tangan jangan sampai terkena air, apalagi harga dari jam tangan yang cukup mahal. Untuk sekedar memberikan informasi, inilah 6 cara merawat jam tangan agar awet.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berikut Cara Merawat Jam Tangan

Rajin dalam Membersihkan Jam Tangan

Cara merawat jam tangan agar awet yang pertama adalah dengan rajin membersihkannya. Untuk membersihkan jam tangan, Anda perlu tisu basah untuk membersihkan bagian sela-sela pada jam tangan. Setelah penggunaan biasanya terdapat keringat yang menempel pada jam tangan, untuk itulah gunakan tisu basah terlebih dahulu sebelum menggunakan tisu kering. Di samping itu Anda juga tidak perlu menggunakan dryer atau pengering. Ini dikarenakan angin panas yang keluar justru dapat mengurangi kualitas dari jam tangan. Untuk cara membersihkan biasanya sesuai dengan bahan yang terbuat pada jam tangan. Baca juga Cara membersihkan sepatu sesuai bahan.

Jam Tangan Berbahan Kulit

Untuk membersihkan jam tangan yang terbuat dari kulit agak berbeda dengan bahan lainnya. Untuk berbahan kulit sebaiknya menggunakan kain lembut untuk membersihkannya. Anda juga bisa memberikan cairan khusus untuk merawat bahan kulit agar lebih awet.

Jam Tangan Berbahan Stainless

Untuk bahan stainless tentu berbeda dengan jam tangan yang terbuat dari kulit. Untuk jam tangan bahan stainless cukup membersihkannya dengan sikat kecil dan kain lembut untuk membersihkan keringat yang menempel serta membersihkan kotoran di sela-sela jam tangan.

Jam Tangan Berbahan Kain

Untuk bahan kain pada jam tangan bisa membersihkannya dengan cara menggunakan sikat gigi dengan campuran sedikit sabun. Gosok pada bagian tali jam tangan untuk menghilangkan keringat serta noda yang menempel. Usahakan jam tangan jangan sampai terkena air, cukup tali saja yang bisa dibersihkan dengan air. Cara ini bisa juga digunakan untuk jam tangan berbahan plastik.

Menyimpan Jam Tangan di Tempat yang Kering

Cara merawat jam tangan yang berikutnya adalah dengan cara menyimpan jam tangan di tempat yang kering. Usahakan jangan simpan jam tangan di tempat yang memiliki suhu panas, karena suhu panas dapat memicu kondisi dari jam tangan akan rusak. Sedangkan untuk suhu dingin dapat membuat jam tangan berjamur khususnya untuk jam tangan yang terbuat dari kulit.

Menjauhkan Jam Tangan dari Magnet

Jauhkan jam tangan dari benda seperti magnet, karena ketika jam tangan berada dekat dengan magnet akan mempengaruhi perputaran jam, sehingga tidak dapat menunjukkan waktu dengan tepat. Selain magnet, jauhkan juga pada benda elektronik seperti kulkas, microwave, televisi, dan benda lainnya.

Demikianlah tadi ulasan yang bisa Anda ketahui mengenai 6 cara merawat jam tangan agar awet berdasarkan bahannya. Baca juga Tips memilih sepatu formal pria.

Loading...