Inilah 5 Tempat Terpanas di Bumi yang Pernah Ada

By Categories : Umum

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai tempat terdingin di bumi, pada kesempatan kali ini masih seputar suhu yakni 5 tempat terpanas di bumi. Jika tempat-tempat terdingin memiliki suhu di bawah 0 derjat, sebaliknya untuk tempat panas memiliki suhu dengan angka di atas 0 derajat yang mencapai angka puluhan. Sebagai perbandingan saja suhu di Tanah Air kisaran angka 22 sampai dengan 32 derjat celcius. Dengan suhu tersebut saja sudah banyak orang yang mengeluh karena panas. Suhu panas dapat memakan korban jiwa, salah satunya adalah saat ini yang tengah melanda negara India dengan suhu panas mencapai 50 derajat celcius. Lalu bagaimana dengan suhu di tempat panas yang ada di dunia Langsung saja berikut adalah ulasannya!

Inilah 5 Tempat Terpanas di Bumi yang Pernah Ada

Berikut 5 Tempat Terpanas di Bumi

Flaming Mountain, China

Tempat pertama yang memiliki suhu terpanas di dunia adalah Flaming Mountain. Flaming Mountain terletak di pegunungan Tian Shan, Xunjiang, China. Sebuah penelitian yang ditangkap oleh satelit NASA pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa temperature di Flaming Mountain mencapai angka 80 derajat celcius. Tidak bisa membayangkan bukan panas dengan suhu tersebut?

Dasht-e Lut, Iran

Tempat terpanas di bumi yang berikutnya Dasht-e Lut yang terletak di Iran. Suhu di tempat ini pernah mencapai angka 70 derajat celcius pada tahun 2005 lalu. Sebuah penelitian yang dilakukan di tempat ini adalah ketika susu diletakkan di gurun ini tidak akan pernah basi. Ini dikarenakan bakteri tidak akan mungkin dapat bertahan hidup dalam suhu yang panas dan ekstrim tersebut.

Death Valley, California

Yang keempat adalah Death Valley yang terletak di California, Amerika Serikat. Wilayah ini terkenal dengan kekeringan yang disebabkan oleh suhu panas ekstrim yang mencapai angka 56,6 derajat celcius. Dengan suhu mencapai angka tersebut tentu hampir tidak ada air di tempat ini. Di saat suhu panas mencapai angka tersebut, suhu di tempat ini menjadi di bawah 0 derajat ketika malam hari tiba. Pengukuran yang dilakukan menggunakan satelit untuk mengetahui suhu di Death Valley.

Rub Al’ Khali, Semenanjung Arab

Keempat adalah Rub Al’ Khali yang terletak di Semenanjung Arab. Gurun ini pernah mencatat suhu tertinggi yakni 56 derajat celcius. Tidak hanya terkenal dengan suhu yang panas saja, tetapi gurun ini juga terkenal sebagai gurun paling luas di dunia yang mencakup negara di sekitarnya seperi Saudi Arabia, Oman, Uni Emirat Arab, serta Yaman. Saking panasnya, tidak mungkin bagi manusia menyebrang tanpa menggunakan alas kaki.

Ghadames, Libya

Tempat paling panas di bumi yang kelima adalah Ghadames yang terletak di Libya. Suhu di tempat ini pernah tercatat mencapai angka 55 derajat celcius. Untuk bertahan di suhu tinggi tersebut, warga sekitar memerlukan banyak air serta membangun rumah mereka dengan menggunakan bahan alami seperti dari pohon sawit maupun lumpur. Tempat ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sebagai kota oasis bertembok.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tempat terpanas di bumi yang pernah ada. Baca juga artikel menarik lainnya Tempat paling romantis di dunia.

Loading...