Inilah 5 Penyebab Susah Tidur yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Kesehatan

Permasalahan susah tidur atau disebut insomnia sampai saat ini masih menghantui dan menghampiri setiap orang. Susah tidur tentunya akan terasa sangat menyiksa, karena menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Dampak negatif kurang tidur seperti tubuh terasa kurang segar ketika pagi hari, apalagi jika harus melakukan rutinitas di pagi hari.

Hati-Hati! Jangan Anggap Remeh Kebiasaan Mendengkur Atau Ngorok

Kurang tidur disebabkan oleh berbagai faktor, namun faktor penyebab insomnia terkadang kurang diperhatikan oleh sebagian orang. Meskipun begitu terdapat beberapa cara untuk mengatasi susah tidur. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab susah tidur di malam hari? Ketahui beberapa penyebab sepele tersebut pada pembahasan di bawah ini.

Inilah Penyebab Seseorang Susah Tidur di Malam Hari

Terlalu Banyak Minum Sebelum Tidur

Terlalu banyak minum sebelum tidur mempengaruhi proses tidur Anda menjadi terganggu. Terlebih ketika Anda minum-minuman yang mengandung soda, kafein, ataupun alkohol. Semua minuman tersebut menjadi penyebab susah tidur di malam hari yang mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Untuk lebih baiknya menghindari minuman tersebut sebelum menjelang tidur. Anda dapat mengganti minuman tersebut dengan susu yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Banyak Mengonsumsi Cemilan di Malam Hari

Penyebab susah tidur yang kedua adalah banyak mengonsumsi cemilan di malam hari. Selain minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan soda ternyata mengonsumsi cemilan di malam hari juga menjadi penyebab seseorang susah tidur. Ini dikarenakan tubuh akan banyak mendapatkan kalori, sehingga menyebabkan berat badan yang bisa menyebabkan obesitas.

Stres dan Depresi

Penyebab berikutnya adalah stress dan depresi yang kerap kali dialami kebanyakan orang karena suatu permasalahan yang tak kunjung usai. Dengan bayang-bayang permasalahan yang ada dapat membuat beban pada pikiran yang berakibat depresi dan stress. Hal inilah yang bisa memicu masalah seseorang mengalami susah tidur di malam hari.

Kurang Melakukan Olahraga

Kurang melakukan olahraga turut menjadi penyebab susah tidur berikutnya. Dengan rutin melakukan olahraga aliran darah tubuh akan lancar dan membantu otot-otot menjadi lemas. Dengan begitu makan tubuh akan lebih mudah mengalami lelah dan membutuhkan istirahat yang secara otomatis akan membantu berlangsungnya proses tidur. Hal ini berbeda dengan mereka yang jarang tidur yang bisa menyebabkan gangguan susah tidur.

Susana Kamar Tidur yang Kurang Nyaman

Penyebab lainnya susah tidur adalah suasana kamar tidur yang kurang nyaman. Suasana di dalam kamar tidur tak bisa dianggap sepele, karena suasana yang berantakan akan menyebabkan suasana menjadi kurang nyaman yang hanya mempengaruhi kualitas tidur kurang baik. Oleh sebab itu sebaiknya penataan kamar tidur yang baik perlu diperhatikan dengan menjaga kebersihan dan kerapian.

Demikianlah tadi beberapa penyebab susah tidur di malam hari yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Bahaya menyelakan lampu saat tidur.

Loading...