Inilah 5 Negara Termiskin di Dunia

By Categories : Umum

Meskipun perkembangan teknologi semakin canggih yang berkembang di beberapa negara di dunia, nyatanya masih terdapat negara yang dianggap sebagai negara termiskin di dunia. Negara-negara tersebut dianggap miskin karen pendapatan perkapitanya sangat rendah. Ini dikarenakan berbagai faktor yang membuat suatu negara tersebut menjadi miskin.

Negara Termiskin di Dunia

Faktor tersebut seperti kurangnya pengusaha di negara tersebut, kurangnya pihak investor dari negara lain, sistem tata negara kurang terkendali sehingga membuat banyak tingkat kriminalitas, perang saudara, dan banyak lagi. Nah lalu apa saja negara termiskin di dunia? Yuk langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber di internet.

Berikut 5 Negara Termiskin di Dunia

  • Zimbabwe

Salah satu negara termiskin di dunia adalah Zimbabwe dengan US$ 589.46. Zimbabwe merupakan negara yang terletak di Afrika bagian selatan, negara ini berbatasan dengan Afrka Selatan, sebelah barat Botswana, dan juga Zambia sebelah timur serta Mozambik di sebelah timur. Sampai saat ini ekonomi dari negara Zimbabwe mengalami penurunan dengan tingkat inflasi yang sangat tinggi mencapai 2,2 juta persen. Tak lama ini bank sentral Zimbabwe mengeluarkan uang dengan nominal 100 triliun dollar Zimbabwe yang merupakan nominal terbesar di dunia. Nominal tersebut dapat diganti menjadi 1 Dollar Amerika Serikat.

  • Liberia

Negara termiskin berikutnya adalah Liberia dengan PDB per kapita US$. 716.04. Liberia merupakan negara yang bersebelahan langsung dengan negara Pantai Gading, Sierra Leone, dan juga Guinea. Negara ini pernah terjadi perang saudara antara tahun 1989-1996 dan tahun 1999 sampai tahun 2003 lalu. Perang tersebut membuat ratusan ribu penduduk negara tersebut mengungsi dan menyebabkan hancurnya ekonomi di negara Liberia. Saat ini negara tersebut mulai memulihkan diri terkait dengan ekonomi.

  • Republik Demokratik Kongo

Kongo merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah yang letaknya berbatasan langsung dengan Republik Afrika Tengah dan negara Sudan di sebelah utara. Kongo menjadi salah satu negara termiskin di dunia dengan pendapatan negara sangat rendah yakni PDB per kapita US$ 394.25. Seperti negara miskin lainnya, alasan yang membuat Kongo menjadi negara miskin adalah adanya perang yang terus melanda, gejolak ekonomi, dan berbagai masalah lainnya.

  • Burundi

Negara termiskin di dunia berikutnya adalah Burundi dengan US$. 648.58. Burundi merupakan negara yang tidak memiliki laut, ini dikarenakan letaknya yang berada di tengah benua Afrika. Negara ini berbatasan langsung dengan Tanzania di sebelah timur, negara Kongo di sebelah barat. Tanpa adanya lautan membuat negara ini minim mendapatkan sumber daya alam . Terdapat banyak konflik yang terjadi membuat negara ini memiliki masalah besar pada pendapatan negara.

  • Eritrea

Negara selanjutnya adalah Eritrea yang menjadi salah satu negara paling miskin di dunia. Negara Eritrea berbatasan langsung dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di sebelah selatan dan juga di sebelah tenggara terdapat Djibouti. Negara ini memiliki PDB per kapita hanya US$. 792.13 dan memiliki penduduk lebih dari 6 juta jiwa.

Nah itulah tadi beberapa negara termiskin di dunia dengan berbagai masalah internal yang menyebabkan pemerosotan ekonomi di dalamnya. Baca juga artikel Negara dengan penghasilan minyak terbesar di dunia.

Loading...