Inilah 5 Manfaat Bermain Musik

By Categories : Kesehatan

Tidak hanya mendengarkan musik saja yang memiliki banyak manfaat, melainkan juga dalam bermain musik. Bagi kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa bermain musik hanya untuk sekedar hobi atau profesi. Namun tidak hanya kedua hal tersebut saja yang didapat dari bermain musik, melainkan manfaat kesehatan bagi jiwa dan raga.

Alat musik yang dimainkan beragam mulai dari gitar, terompet, piano, dan banyak lagi. Semua alat musik tersebut memiliki manfaat jika dimainkan. Lalu apa saja sebenarnya manfaat bermain musik? Yuk cari tahu dengan membaca ulasan di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber!

Manfaat Bermain Musik

Berikut Manfaat Bermain Musik yang Perlu Anda Ketahui

Meningkatkan Kreativitas Seseorang

Manfaat bermain musik yang pertama adalah mampu meningkatkan kreativitas seseorang yang memainkannya. Musik merupakan salah satu seni yang bisa dimainkan oleh siapa saja, selama mereka mau mempelajarinya. Dengan bermain musik, secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas seseorang. Dengan seiringnya waktu dengan meningkatnya kreativitas dalam diri sendiri bukan tidak mungkin Anda akan menciptakan sebuah lirik lagu yang bisa didengarkan orang lain. Menciptakan lirik lagu merupakan karya dari diri sendiri berdasarkan pengalaman, atau bisa juga dari curahan hati.

Menghilangkan Stres dan Depresi

Manfaat bermain musik selanjutnya adalah mampu menghilankan stres. Saat pikiran sedang kacau, stress dapat menghampiri kapan saja. Untuk menghilangkan stress dapat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mendengarkan musik, bermain game, bahkan bermain alat musik. Pada dasarnya bermain musik juga akan mendengarkan alunan musik yang sedang dimainkan. Dengan cara tersebut dapat menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon tersebut berfungsi untuk membuat hati dan perasaan lebih bahagia dan tenang, meskipun suasana sedang kacau.

Memperkuat Daya Ingat Otak

Tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas pada seseorang, melainkan juga memperkuat daya ingat otak. Ketika Anda belajar atau bermain gitar, secara tidak langsung mau tidak mau harus menghafal lirik atau kunci note dengan banyaknya lagu. Hal inilah yang membuat otak harus mengingat, sehingga bermanfaat dalam memperkuat daya ingat pada otak. Manfaat ini diperkuat dengan adanya penelitian yang telah menunjukkan bahwa bermain musik atau mendengarkan musik membuat reflex pikiran dalam menghafal, sehingga akan meningkatkan daya ingat.

Mampu Melatih Kerja Sama

Bermain musik bisa dilakukan dengan teman untuk menciptakan sebuah band. Sebuah band terdiri dari gabungan alat musik yang dimainkan seperti pemain drum, gitar, bass, piano, serta vokalis. Untuk memainkan musik bersama teman membutuhkan kerja sama untuk menciptakan sebuah lagu yang enak didengar dengan kombinasi berbagai alat musik tersebut.

Melatih Kesabaran Seseorang

Berlatih bermain musik dapat melatih kesabaran pada diri sendiri. Untuk menguasai sebuah alat musik tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belajar bermain musik membutuhkan kedisiplinan dan kesebaran yang tinggi. Karena itulah para pemain musik bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi professional. Bermain musik tidak cukup dilatih selama satu hari saja, melainkan 2 sampai 3 kali dalam seminggu dengan kurun waktu 30 menit sampai 60 menit setiap pembelajarannya.

Itulah tadi 5 manfaat bermain musik yang bisa diambil. Tidak selamanya bermain musik adalah hobi atau profesi, tetapi juga banyak manfaat yang diambil. Baca juga Manfaat musik klasik untuk ibu hamil.