Inilah 5 Makanan Wajib Saat Lebaran

By Categories : Makanan

Sebagai umat muslim tentu wajib namanya untuk merayakan lebaran. Ketika menjelang lebaran kebanyakan warga tanah air berbelanja baju untuk digunakan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Hal tersebut sudah menjadi ciri khas sejak dari dulu. Selain merayakan lebaran dengan baju baru, juga didampingi dengan beberapa menu hidangan yang disajikan saat hari H. Menu hidangan makanan tersebut sudah menjadi ciri khas untuk menyambut para saudara atau tetangga yang datang ke rumah. Namun tentunya tidak hanya menu makanan saja, melainkan juga camilan khas lebaran seperti kue kering, kacang mete, dan banyak lagi. Nah berikut ini terdapat 5 menu makanan yang wajib dan selalu ada ketika lebaran tiba.

Inilah 5 Makanan Wajib Saat Lebaran

Berikut Makanan Wajib Saat Lebaran

Ketupat

Ketupat merupakan makanan yang berbahan beras yang kemudian dibungkus dengan menggunakan anyaman yang berasal dari daun muda kelapa. Ketupat tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan warga Indonesia, mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada ketika lebaran. Biasanya ketupat dihidangkan dengan beberapa menu makanan lain seperti opor. Ketupat banyak dijumpai juga di negara tetangga seperti Singapura, Filipina, Brunei Darusalam, dan juga Malaysia.

Opor Ayam

Makanan wajib saat lebaran yang kedua adalah opor ayam. Opor ayam menjadi menu makanan wajib ketika lebaran tiba. Menu makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan, dengan campuran rempah-rempah lainnya. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa khas yakni gurih. Tidak hanya pada lebaran saja, makanan ini juga sudah sering dijumpai pada hari-hari biasa. Pada saat lebaran, biasanya opor ayam dikombinasikan dengan ketupat.

Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang merupakan makanan wajib lebaran yang berikutnya. Untuk makanan ini akan lebih cocok dipadukan dengan rasa gurih dan kental kaldu dari opor ayam. Oleh karena itu ketika lebaran tiba, kombinasi antara ketupat, opor ayam, dan sambal goreng kentang tidak bisa dipisahkan mengingat jika digabungkan makanan ini memiliki berbagai cita rasa mulai dari pedas dari sambal goreng kentang, gurih dari opor ayam dan ketupat.

Kue Kering

Inilah makanan yang pasti wajib ada berikutnya pada saat lebaran. Hampir setiap umat muslim yang merayakan lebaran menyediakan kue kering dirumahnya untuk menyambut para tamu yang datang. Aneka kue kering yang biasa dihidangkan misal seperti nastar dengan selai nanas, putri salju dengan gula putih di atasnya, dan berbagai hidangan kue kering lainnya.

Rendang

Rendang merupakan menu makanan khas Padang yang namanya sudah tidak asing lagi di Indonesia, Makanan ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia dengan meraih posisi di peringkat pertama. Rendang pada umumnya dimasak dengan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Namun saat ini rendang juga bisa dibuat berasal dari daging ayam, paru, dan juga bebek.

Nah itulah tadi beberapa ulasan mengenai makanan wajib saat lebaran yang dapat Anda ketahui.

Baca juga artikel tentang Tips mudik lebaran.

Loading...
terms: makanan yang disajikan saat lebaran