inilah 5 Makanan Untuk Kesehatan Hati

By Categories : Kesehatan

Hati merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang memiliki peranan penting dalam mendetoksifikasi dan membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan hati dapat dilakukan dengan hal yang termudah yakni dengan mengonsumsi makanan sehat. Ketika hati mengalami permasalahan seperti akibat dari rasa stress berlebih ataupun dari paparan racun akibat merokok atau minum-minuman beralkohol maka kesehatan tubuh juga akan terancam.

inilah 5 Makanan Untuk Kesehatan Hati

Perlu diketahui bahwa organ hati di dalam tubuh tidak hanya berfungsi sebagai membersihkan racun di dalam tubuh, tetapi juga membantu produksi cairan empedu yang sangat diperlukan guna pemecahan protein dan lemak yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Nah untuk menjaga kesehatan hati alangkah baiknya jika dilakukan sejak dini dengan mengonsumsi makanan di bawah ini!

Berikut Makanan untuk Kesehatan Hati

Bawang Putih

Bawang putih termasuk ke dalam rempah yang sering digunakan sebagai bahan untuk menambah cita rasa masakan. Di dalam bawang putih mengandung sulfur yang merupakan senyawa untuk mengaktifkan enzim di dalam hari yang juga berfungsi untuk membersihkan racun. Di samping itu bawang putih juga mengandung selenium dan allicin yang merupakan dua nutrisi yang keberadaannya sudah terbukti mampu membantu melindungi organ hati dari segala racun.

Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi serta berperan sebagai antioksidan alami. Kedua senyawa tersebut berfungsi untuk membantu agar organ hati dapat bekerja secara optimal untuk membersihkan racun. Seperti halnya dengan bawang putih, buah dengan warna oranya yang menjadi ciri khasnya juga terkandung senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan produksi enzim detoksifikasi pada hati.

Sayuran Hijau

Makanan untuk kesehatan hati berikutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kol, kubis, dan lainnya dibutuhkan oleh tubuh karena nutrisi di dalamnya. Sayuran hijau baik untuk kesehatan hati karena mengandung senyawa yang berfungsi dalam membantu menetralisir logam berat yang ada di dalam tubuh. Selain itu sayuran hijau juga berkhasiat dalam menghilangkan paparan pestisida pada tubuh serta membantu mengoptimalkan produksi dari cairan empedu.

Buah Alpukat

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan buah alpukat mengandung antioksidan alami tinggi yang berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari radikal bebas. Di samping itu buah yang kaya manfaat ini mengandung glutathione yang berfungsi untuk membantu kesehatan organ hato serta membantu meningkatkan kinerja. Buah alpukat dapat dikonsumsi satu sampai dua buah dalam seminggu. Menurut penelitian yang ada hal tersebut membantu memperbaiki fungsi dari organ hati agar lebih optimal.

Kenari

Kenari merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung asam amino, emoga 3, glutathione yang sama-sama juga memiliki fungsi sebagai membantu proses detoksifikasi hati yang dapat menyebabkan penyakit ammonia.

Demikianlah tadi beberapa makanan untuk kesehatan hati yang perlu Anda ketahui.