Inilah 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

By Categories : Umum

Indonesia merupakan suatu negara yang terdiri dari ribuan pulau yang letaknya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hal tersebut menjadikan negara Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan banyaknya pulau yang tersebar di Indonesia, tak heran jika Indonesia terkenal dengan berbagai budaya yang dimiliki. Selain aneka ragam budaya, Indonesia juga terkenal dengan keindahan alam yang memukau salah satunya adalah keindahan gunung yang memiliki ketinggian beberapa ribu meter di atas permukaan laut. Gunung-gunung yang ada di wilayah Indonesia kerap kali menjadi destinasi pendakian bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung. Nah lalu gunung apa saja yang termasuk sebagai gunung tertinggi di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Berikut 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya dikenal juga dengan Cartenz Pyramid yang terletak di Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang hampir mencapai 5000 meter atau 5 km di atas permukaan laut membuat Puncak Jaya selalu tertutupi oleh salju. Puncak Jaya yang ada di Papua masuk ke dalam 7 puncak tertinggi di dunia.

Puncak Mandala, Papua

Gunung tertinggi di Indonesia kedua adalah Puncak Mandala yang terletak di pulau Papua. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.760 meter di atas permukaan laut dan merupakan bagian dari pegunungan Jayawijaya yang letaknya di sebelah timur Papua. Puncak Mandala pada tahun 90an lalu sering tertutupi oleh salju, tetapi salju tersebut mulai hilang akibat dari pemanasan global.

Puncak Trikora, Papua

Puncak Trikora terletak di Papua yang bisa ditemukan sebelah timur Barisan Sudirman. Sama halnya dengan Puncak Mandala yang merupakan sebagai salah satu puncak paling tinggi yang terletak di Papua, Puncak Trikora memiliki ketinggian mencapai 4.750 meter di atas permukaan laut. Meski begitu menurut data daru SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa puncak Trikora masih kalah dengan puncak Mandala yang juga berada di pulau Papua.

Ngga Pilimsit

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Ngga Pilimsit. Gunung ini terletak di pulau Papua yang memiliki ketinggian mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung Ngga Pilimsit dulunya biasa dikenal dengan gunung Idenburg yang masih bagian dari pegunungan Maoke, Papua. Dari puncak Jaya, Ngga Pilimsit memiliki jarak sekitar 21 km ke arah timur laut.

Gunung Kerinci

Gunung paling tinggi yang kelima adalah gunung Kerinci yang terletak di pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Jambi. Gunung Kerinci memiliki ketinggian mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. Gunung Kerinci terletak di pegunungan Bukit Barisan yang termasuk dalam wilayah Sumatera Barat dan Jambi. Di gunung ini menjadi salah satu habitat hewan yang terancam punah yakni Harimau dan Badak Sumatera.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai 5 gunung tertinggi di Indonesia. Adapun gunung lainnya seperi Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas pemukaan laut yang terletak di NTB, Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang terletak di Jawa Timur. Baca juga artikel terkait mengenai Gunung paling angker di Indonesia.

terms: gunung tertinggi di indonesia, 5 gunung tertinggi di indonesia, 5 gunung tertinggi