Inilah 5 Cara Menghemat Kuota di Android

By Categories : Tips

Seiring dengan penggunaan internet dan kebutuhan lainnya kuota atau paket data akan terus berjalan. Bagi pengguna ponsel canggih seperti Android tentu tak bisa lepas dari kebutuhan internet. Apalagi saat ini di Tanah Air terdapat banyak provider yang menyediakan dan menawarkan paket data dengan harga yang beragam. Dengan segala kemudahan yang diberikan akses internet dapat mudah dilakukan.

Tanpa adanya internet hampir dapat dikatakan penggunaan ponsel Android akan kurang maksimal. Namun dengan kebutuhan internet yang terus berjalan, ponsel Android cenderung boros dalam penggunaan data internet. Untuk mengatasinya terdapat berbagai cara seperti menggunakan paket data unlimited.

Menghemat Kuota di Android

Dengan paket data tersebut Anda tanpa takut kehabisan kuota. Namun terdapat kendala seperti kecepatan akses yang tidak terlalu cepat. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menghemat kuota di Android.

Berikut 5 Cara Menghemat Kuota di Android

Gunakan Fitur WiFI

Cara menghemat kuota di Android yang pertama adalah dengan menggunakan fitur WiFi yang tersedia secara umum dan gratis. Dengan menggunakan fitu WiFi, secara tidak langsung paket data atau kuota di ponsel Android Anda akan lebih hemat. Untuk mendapatkan WiFi gratis saat ini cukup mudah di kampus, sekolah, kantor, ataupun tempat lainnya.

Gunakan Browser yang Ringan

Pemilihan browser yang tepat juga turut menjadi salah satu cara untuk menghemat kuota di Android. Pasalnya saat ini terdapat banyak browser yang bisa digunakan dan dipilih termasuk juga browser bawaan pada ponsel Android Anda. Salah satu browser ringan yang bisa Anda gunakan adalah Opera Mini. Browser Opera Mini merupakan salah satu aplikasi browser Android tercepat yang bisa Anda gunakan. Selain ringan dan tidak terlalu membebani RAM, browser tersebut juga tidak terlalu banyak menyedot kuota Anda.

Hindari Streaming Musik maupun Video

Bagi Anda yang suka dengan streaming musik maupun video sebaiknya untuk menghindarinya jika Anda tidak ingin kuota cepat habis. Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduhnya daripada streaming. Dengan streaming musik ataupun video akan memakan kuota atau paket data secara terus menerus yang mengakibatkan cepat habis.

Melakukan Pengaturan pada Playstore

Cara berikutnya adalah dengan melakaukan pengaturan pada Playstore agar tidak melakukan update secara otomatis terhadap aplikasi yang Anda gunakan. Ketika terdapat update pada aplikasi maka secara otomatis aplikasi akan melakukan update yang hanya akan memakan kuota data Anda. Oleh sebab itu Anda dapat melakukan pengaturan melalui Playstore dengan memilih update secara otomatis dengan menggunakan WiFi.

Mengatur Batasan penggunaan Internet

Cara menghemat kuota di Android berikutnya adalah dengan mengatur batasan penggunaan internet. Dengan menggunakan batasan penggunaan internet, Anda akan mengetahui batas internet ketika hampir habis. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengaturan pada ponsel Android Anda dengan mematikan koneksi internet secara otomatis ketika batas kuota yang sudah Anda tentukan terlewati. Untuk melakukannya masuk Setting -> Wireless and Networks -> Data Usage dengan mengatur berapa batasan kuota yang akan Anda gunakan setiap bulannya.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 5 cara menghemat kuota di Android. Baca juga artikel mengenai Tips mengatasi Baterai Android cepat panas.